7 Buah Terbaik untuk Melancarkan Pencernaan, Bisa Jadi Camilan usai Salat Tarawih

Selasa, 02 April 2024 - 14:31 WIB
loading...
7 Buah Terbaik untuk Melancarkan Pencernaan, Bisa Jadi Camilan usai Salat Tarawih
Ada banyak cara mengatasi masalah pencernaan. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan. Foto/ healthyaeting
A A A
JAKARTA – Jika Anda tengah mengalami masalah pencernaan , ada banyak cara mengatasinya. Salah satunya dengan mengonsumsi buah.

Makan buah saat berbuka puasa atau usai salah tarawih menjadi pilihan terbaik untuk kesehatan perut dan melancarkan pencernaan . Bisa juga dikonsumsi saat sahur.



Jika masih bingung buah terbaik untuk mengatasi masalah pencernaan, dikutip healths hots, ada baberapa buah yang bisa Anda coba.

Buah Terbaik untuk Melancarkan Pencernaan

1. Pisang
Pisang mengandung air dan serat serta potasium yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Pisang yang menjadi makanan tinggi serat juga membantu menghindari kembung, kram perut dan gas. Tidak itu saja, pisang juga mendorong pertumbuhan bakteri sehat dan merangsang pertumbuhannya.

2. Pepaya
Papaya mengandung enzim papain yang membantu memecah protein, meningkatkan pencernaan, juga tinggi serat dan kandungan air, keduanya membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

3. Buah beri
Buah beri, seperti blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry mengandung serat makanan dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Anda dapat menambahkan segenggam buah beri ke dalam oatmeal dan yogurt untuk memulai hari Anda dengan sehat.

4. Kiwi
Tahukah Anda kiwi meningkatkan pencernaan? Kiwi mengandung aktinidin, enzim yang mendukung keteraturan pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan. Ini juga memperbaiki gejala seperti sembelit, gejala gastrointestinal bagian atas (GI) seperti gangguan pencernaan, ketidaknyamanan perut dan refluks asam.

5. Apel
Sebuah apel sehari akan mencegah masalah pencernaan! Apel kaya akan serat, menjadikannya buah yang baik untuk pencernaan. Ini membuat Anda kenyang lebih lama dan mendorong pertumbuhan bakteri usus. Anda bisa memakannya dengan cara diiris, dipotong dadu, dan sebagai camilan renyah.



6. Alpukat
Sebagai makanan super, alpukat kaya akan serat dan nutrisi seperti potasium yang membantu melancarkan pencernaan. Ini juga merupakan makanan rendah fruktosa, artinya dapat membantu menghindari gas dan kembung. Meskipun sehat untuk sistem pencernaan, pastikan Anda memakannya dalam jumlah sedang.

7. Mangga
Mangga mengandung serat makanan dan senyawa amilase, yang dapat membantu Anda menghindari sembelit dan menstabilkan sistem pencernaan Anda. Ini juga bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet Anda karena dapat membantu menghindari gas, kembung, dan ketidaknyamanan perut.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition and Food Research menemukan bahwa mengandung polifenol dan serat yang dapat membantu meredakan sembelit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)