Begini Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat

Sabtu, 06 April 2024 - 04:25 WIB
loading...
A A A
5. Indonesia
Di Indonesia, Idul Fitri disebut Hari Raya Idul Fitri. Perayaan diawali dengan takbir, adzan dan salat Idul Fitri. Biasanya dilaksanakan di ruang terbuka atau lapangan. Usai salat, masyarakat mengunjungi kerabat dan sahabatnya, serta saling memohon ampun.

Masyarakat juga mempunyai tradisi mudik yang artinya mudik ke kampung halaman untuk berlibur. Saking pentingnya tradisi mudik, pemerintah menyediakan transportasi gratis untuk memudahkan masyarakat bepergian.

6. Pakistan

Di Pakistan, perayaan Idul Fitri dimulai dengan penampakan bulan baru. Pada Idul Fitri, masyarakat mengenakan pakaian baru dan melaksanakan salat Id di masjid atau ruang terbuka. Usai salat, masyarakat mengunjungi kerabat dan sahabatnya serta bertukar bingkisan. Muslim Pakistan juga menyiapkan hidangan tradisional seperti biryani, kheer, dan sheer khurma untuk menandai perayaan tersebut.
Begini Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat

7. Islandia
Meski umat Islam di Islandia masih minoritas, komunitasnya terus bertambah. Mereka berpartisipasi dalam puasa senja hingga fajar selama Ramadan menjelang perayaan Idul Fitri yang unik. Perayaan ini berlangsung di salah satu dari sedikit masjid di Reykjavik, di mana para tamu menikmati prasmanan internasional del makanan es dari berbagai masakan.

Karena hari-hari musim panas di Islandia lebih lama dari biasanya, umat Islam berpuasa hingga 22 jam sehari. Namun para ulama menyarankan berbuka puasa berdasarkan waktu terbit dan terbenamnya matahari dari negara terdekat atau memperhatikan zona waktu Arab Saudi. Anak-anak mengenakan pakaian terbaik mereka dan bertukar hadiah selama perayaan Idul Fitri yang penuh kegembiraan.



8. Mesir
Di Mesir, Idul Fitri ditandai dengan berpesta dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Orang Mesir menyiapkan hidangan khusus seperti fatta, yaitu campuran nasi, daging, dan roti, serta kunafa, makanan penutup yang dibuat dengan keju dan sirup. Masyarakat Mesir juga memiliki tradisi membelikan baju dan permen baru untuk anak-anaknya.

9. Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, Idul Fitri dirayakan oleh umat Islam dari berbagai latar belakang budaya. Umat Muslim melaksanakan salat Idul Fitri di masjid atau ruang terbuka dan kemudian merayakannya bersama keluarga dan teman.

Muslim Amerika juga berpartisipasi dalam proyek pelayanan masyarakat untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Perayaan Idul Fitri di Amerika ditandai dengan perpaduan tradisi budaya, seperti mengenakan pakaian adat, mendengarkan musik dan menikmati hidangan tradisional.
Begini Perayaan Idul Fitri di Berbagai Negara, dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3057 seconds (0.1#10.140)