Cuka Sari Apel Bisa Menurunkan Gula Darah, Boleh Diminum sebelum Tidur?

Minggu, 07 April 2024 - 21:03 WIB
loading...
Cuka Sari Apel Bisa Menurunkan Gula Darah, Boleh Diminum sebelum Tidur?
Cuka sari apel memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, bolehkah diminum malam hari sebelum tidur? Foto/ unsplash
A A A
JAKARTA - Cuka sari apel menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk mendukung penurunan berat badan dan menurunkan gula darah. Namun meminumnya di malam hari sebelum tidur sepertinya tidak memberikan manfaat dibandingkan meminumnya pada siang hari, benarkan?

Cuka sari apel telah digunakan dalam dunia kuliner dan untuk tujuan pengobatan selama ratusan tahun. Cuka sari apel menggabungkan apel dengan ragi untuk menghasilkan alkohol, yang kemudian difermentasi menjadi asam asetat oleh bakteri tambahan. Cuka sari apel juga mengandung air, vitamin, mineral dan sejumlah asam lainnya.



Tren terkini adalah meminumnya sebelum tidur, namun Anda mungkin bertanya-tanya apakah praktik ini benar-benar memberikan efek tambahan bagi kesehatan.

Artikel ini mengulas potensi manfaat dan kerugian cuka sari apel dan apakah meminumnya sebelum

Orang meminum cuka sari apel karena berbagai alasan:
1. Miliki sifat antimikroba
Cuka sari apel mungkin memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh bahan utamanya, asam asetat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa cuka sari apel efektif dalam mengobati jamur Candida albicans dan Escherichia coli, yang dapat menyebabkan infeksi usus parah, serta Staphylococcus aureus, yang dapat menyebabkan infeksi kulit.

2. Dapat menurunkan gula darah
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cuka sari apel dapat memperlambat pengosongan perut dan karenanya mencegah lonjakan besar gula darah.

Dalam sebuah penelitian pada 2023 terhadap orang dewasa dengan diabetes tipe 2, kelompok yang menerima 30 mililiter (ml) cuka sari apel sehari menunjukkan peningkatan kadar hemoglobin A1c yang lebih besar dibandingkan kelompok kontrol yang tidak.

3. Dapat menurunkan berat badan
Beberapa bukti menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak bila dikombinasikan dengan diet rendah kalori.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)