Cuka Sari Apel Bisa Menurunkan Gula Darah, Boleh Diminum sebelum Tidur?

Minggu, 07 April 2024 - 21:03 WIB
loading...
A A A
Ini mungkin karena cuka memperlambat pencernaan dan menekan nafsu makan, setidaknya dalam jangka pendek. Penelitian jangka panjang tidak menemukan efek cuka terhadap nafsu makan.

Pada akhirnya, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah suplementasi cuka sari apel bisa menjadi bantuan penurunan berat badan yang efektif.

Efek konsumsi cuka sari apel
1. Dapat menyebabkan mual dan gangguan pencernaan
Cuka sari apel memiliki tingkat pH 4,2. Ini berarti cuka sari apel berada pada skala pH yang lebih asam, yaitu dari 0 hingga 14, dengan 0 sebagai yang paling asam.

Makanan asam juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan refluks asam pada sebagian orang, terutama bila dikonsumsi sebelum berbaring.

2. Merusak enamel gigi
Minum cuka secara teratur dan makan makanan asam telah terbukti mengikis enamel gigi.

Artinya, cuka secara bertahap merusak enamel, lapisan terluar gigi yang melindunginya dari kerusakan fisik dan kimia. Enamel adalah garis pertahanan pertama gigi Anda dan tidak dapat tumbuh kembali.

Oleh karena itu, disarankan untuk berkumur dengan air setelah minum minuman asam atau makan makanan asam.



Apakah baik minum cuka sari apel sebelum tidur?
Cuka sari apel menawarkan banyak manfaat kesehatan. Namun, selain berpotensi menurunkan gula darah puasa bagi sebagian orang, meminumnya sebelum tidur tampaknya tidak memberikan manfaat lebih dibandingkan mengonsumsinya pada waktu lain.

Beberapa bukti lama menunjukkan bahwa meminum sedikit cuka sari apel sebelum tidur dapat membantu menurunkan kadar gula darah pagi hari pada penderita diabetes tipe 2, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian sebelum dapat direkomendasikan sebagai pengobatan alami yang efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2505 seconds (0.1#10.140)