Tips Jaga Stamina Agar Tetap Sehat saat Mudik, Hindari Minuman Berenergi

Senin, 08 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
Tips Jaga Stamina Agar Tetap Sehat saat Mudik, Hindari Minuman Berenergi
Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina agar tetap sehat saat mudik Lebaran. Mudik sendiri bisa menjadi pengalaman yang melelahkan. Foto/Mushaful Imam
A A A
JAKARTA - Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga stamina agar tetap sehat saat mudik Lebaran . Mudik sendiri bisa menjadi pengalaman yang melelahkan dan menantang bagi sejumlah orang.

Terlebih, jika perjalanan mudik ke kampung halaman panjang dan melibatkan waktu yang cukup lama sehingga membutuhkan persiapan ekstra. Salah satunya dengan konsumsi makanan sehat.

Membawa bekal makanan yang sehat dan bergizi selama perjalanan mudik sangat disarankan. Hindari makanan cepat saji atau makanan ringan yang tinggi gula dan rendah nutrisi. Perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga hidrasi.

Selain itu, penting menghindari minuman berenergi yang dipercaya bisa membantu meningkatkan stamina. Praktisi Kesehatan, dr. Ngabila Salama mengimbau para pemudik menghindari minuman ini karena tidak baik untuk kesehatan.





Ia mengungkap ada bahaya terkandung bila terlalu banyak mengonsumsi minuman berenergi. Khususnya untuk menjaga stamina saat mudik.

“Jangan pakai minuman berkemasan, berenergi, atau teh dan kopi dengan gula tinggi ya, tidak baik untuk kesehatan. Kalau pun teh atau kopi tidak perlu pakai gula atau less sugar saja,” kata Ngabila saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (8/4/2024).

Minuman berenergi, dijelaskan Ngabila mengandung kafein tinggi dan bisa berdampak buruk pada tubuh bila dikonsumsi berlebihan saat mudik. Pasalnya, minuman ini memiliki sifat diuresis yang bisa menyebabkan sering buang air kecil hingga dehidrasi.

“Karena teh dan kopi juga bersifat diuresis yang memicu sering kencing sehingga berpotensi kurang cairan atau dehidrasi saat berpuasa,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2643 seconds (0.1#10.140)