Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Ini Saran Dokter Agar Tidak Kelelahan di Jalan

Minggu, 14 April 2024 - 10:00 WIB
loading...
Puncak Arus Balik Lebaran 2024, Ini Saran Dokter Agar Tidak Kelelahan di Jalan
Puncak arus balik Lebaran 2024 dimulai pada hari ini. Ini merupakan momen yang seringkali diwarnai dengan kepadatan lalu lintas dan perjalanan yang panjang. Foto/Ahmad Antoni
A A A
JAKARTA - Puncak arus balik Lebaran 2024 dimulai pada hari ini, Minggu (14/4/2024) hingga Senin (15/4/2024). Ini merupakan momen yang seringkali diwarnai dengan kepadatan lalu lintas dan perjalanan yang panjang.

Agar tidak kelelahan di jalan selama puncak arus balik Lebaran 2024 , Medical Doctor & Health Content Creator dr Kevin Mak memberikan beberapa tips untuk para pemudik. Salah satunya dengan melakukan peregangan.

"Pasti temen-teman yang mudik ngerasain sakit leher, kaku dan pinggang yang pegel. Nah dengan kamu lakukan gerakan-gerakan mudah ini bisa membantu kamu terutama yang nyetir biar nggak gampang sakit pinggang," tulis dr Kevin dikutip dari akun Instagram pribadinya, @drkevinmak, Minggu (14/4/2024).

"Dan tetep seger walaupun menempuh perjalanan yang super macet ini," tambahnya.





Pertama, berikan dukungan pada tubuh. Duduk dengan postur yang baik dan berikan dukungan tambahan pada tubuh Anda dengan bantal atau penyangga leher. Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot leher dan punggung.

Kemudian, lakukan peregangan ringan. Selama berhenti di tengah kemacetan, manfaatkan waktu untuk melakukan peregangan ringan. Peregangan sederhana untuk leher, bahu, dan punggung dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan sirkulasi darah.

"Tarik leher ke samping dengan tangan direnggangkan ke samping. Jangan lupa dorong dagu ke atas," jelasnya.

"Terus kebawah selama lima detik, pinggangnya jangan lupa ke kiri. Terus ke kanan selama 15 detik," sambungnya.



Para pemudik disarankan ubah posisi secara berkala. Hindari duduk dalam posisi yang sama terlalu lama. Sesekali, ubah posisi duduk Anda atau berdiri sejenak untuk mengurangi tekanan pada tubuh Anda.

Selama perjalanan kembali dari kampung halaman, pastikan istirahat secukupnya. Jika memungkinkan, manfaatkan waktu berhenti untuk istirahat sejenak. Duduk atau berbaring di tempat yang nyaman dan rapatkan mata untuk beristirahat sebentar.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)