10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi

Sabtu, 20 April 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A

9. Obat Tekanan Darah


Hipertensi atau tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ini adalah penyakit yang umum, tetapi diam, karena jarang menunjukkan gejala.

Banyak orang minum obat tekanan darah, seperti verapamil atau propranolol, yang bekerja dengan memperlambat detak jantung Anda. Itu berarti jantung Anda tidak harus bekerja keras untuk memompa darah ke semua sel tubuh.

Namun, minum kopi pada saat yang sama dengan minum obat tekanan darah seperti felodipine dapat menyebabkan lebih sedikit obat yang diserap oleh tubuh. Anda mungkin tidak mendapatkan manfaat penuh dari obat.

10. Melatonin


Melatonin adalah hormon alami yang dibuat tubuh, yang membantu Anda merasa mengantuk di malam hari. Hormon ini dipicu oleh matahari terbenam, memberi sinyal ke otak bahwa sudah waktunya untuk beristirahat.

Melatonin juga dijual over-the-counter (OTC) dalam bentuk suplemen, dan digunakan sebagai bantuan tidur. Sebaliknya, kopi bekerja sebagai stimulan, membuat Anda merasa lebih terjaga. Kafein dalam kopi melakukan pekerjaan yang berlawanan dengan melatonin.

Itu bisa membuat Anda lebih waspada dan bisa membuat sulit untuk tertidur. Minum kopi dapat menghambat produksi melatonin dalam tubuh dan membuat hormon menjadi kurang efektif. Jika Anda mengonsumsi melatonin bersamaan dengan minum kopi, mereka bisa saling membatalkan.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3291 seconds (0.1#10.140)