10 Obat yang Tidak Boleh Diminum Bersama dengan Kopi

Sabtu, 20 April 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Beberapa obat alergi, seperti fexofenadine tidak boleh dikonsumsi bersama kopi. Ini karena dapat merangsang sistem saraf pusat Anda secara berlebihan, meningkatkan gejala kegelisahan.

3. Obat Diabetes


Jika Anda mencampur kopi dengan gula atau susu, itu dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan berdampak pada seberapa baik obat diabetes bekerja. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat memperburuk gejala bagi penderita diabetes.

Menurut studi yang diterbitkan oleh American Diabetes Association, minum apa pun dengan kafein, seperti kopi, dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah. Studi ini kecil, jadi penelitian lebih lanjut diperlukan.

Namun, para peneliti memperingatkan bahwa minum terlalu banyak kafein dapat membuat lebih sulit untuk mengelola gula darah, dan akhirnya meningkatkan risiko komplikasi diabetes.

4. Obat Alzheimer


Penyakit alzheimer adalah penyebab utama kematian ketujuh di Amerika dan sebagian besar mempengaruhi orang di atas usia 65 tahun. Ini adalah gangguan otak yang mengakibatkan hilangnya fungsi kognitif, membuatnya sulit untuk berpikir, mengingat, atau menjalankan tugas sehari-hari.

Jutaan orang Amerika hidup dengan penyakit alzheimer dan minum obat untuk kondisi tersebut. Obat alzheimer seperti donepezil, rivastigmine, dan galantamine dipengaruhi oleh kafein.

Kafein dalam kopi mengencangkan sawar darah dan dapat mengurangi berapa banyak obat yang masuk ke otak. Obat alzheimer bekerja dengan melindungi neurotransmitter asetilkolin, dan minum kopi dalam jumlah tinggi telah terbukti merusak efek perlindungan itu.

5. Obat Asma


Asma adalah penyakit kronis yang mempengaruhi paru-paru, membuat saluran udara meradang dan teriritasi. Hal ini mengakibatkan kesulitan bernapas, batuk dan mengi, dan perasaan sesak di dada.

Banyak orang dengan asma menggunakan bronkodilator selama flare-up, seperti aminofilin atau teofilin. Bronkodilator bekerja dengan merilekskan saluran udara, membuatnya lebih mudah untuk bernapas, tetapi memiliki efek samping seperti sakit kepala, gelisah, sakit perut, dan lekas marah.

Minum kopi, atau minuman lain yang tinggi kafein, dapat meningkatkan risiko efek samping ini. Kopi juga dapat mengurangi seberapa banyak obat yang diserap dan bermanfaat bagi tubuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)