alexametrics

Resep Buat Sop Kambing Khas Madura untuk Sarapan

loading...
Resep Buat Sop Kambing Khas Madura untuk Sarapan
Sop Kambing Madura memiliki rasa yang mampu menggoyang lidah. Anda pun bisa membuatnya untuk disantap saat sarapan bersama keluarga. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Menyantap sop hangat di pagi hari bisa menjadi pilihan tepat. Selain dapat menghangatkan tubuh, makanan ini juga bisa menambah energi sebelum beraktivitas. Nah, bagi Anda pecinta daging kambing, bisa membuat Sop Kambing Madura.

Membuatnya memang sedikit memakan waktu, tetapi rasanya sudah tentu nikmat. Apalagi makanan yang satu ini dibuat menggunakan rempah-rempah yang membuat Sop Kambing Madura semakin kaya rasa. Berikut resep membuatnya seperti dikutip akun Instagram @masaktv.

Bahan - bahan:
700 g daging dan iga kambing
Garam
Air
Minyak goreng



Bumbu penghilang bau:
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
3 btg serai
9 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
7 btr cengkih
3 jari kayu manis

Bahan bumbu halus:
5 btr kemiri
½ sdt lada
1 ½ sdt jintan
13 siung bawang merah
7 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas

Pelengkap:
1 buah tomat, iris tipis
3 btg daun bawang, iris tipis
Bawang merah goreng

Cara membuat:
Hilangkan bau, didihkan air untuk merebus daging dan iga kambing. Masukkan seluruh bumbu penghilang bau. Masukkan daging dan iga kambing. Beri sedikit garam.

Sop kambing, didihkan air untuk kuah sop. Masukkan daging dan iga kambing yang sudah direbus sebelumnya, didihkan kembali. Sementara itu, panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama serai dan daun jeruk purut hingga harum dan matang.

Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam rebusan daging dan iga kambing. Beri garam. Masak hingga benar-benar empuk dan bumbunya merasuk. Matikan api, sajikan hangat bersama pelengkap. Sop Kambing Madura siap dihidangkan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak