Ini Alasan Asupan Probiotik Penting untuk Dukung Sistem Imun Anak

Senin, 22 April 2024 - 19:09 WIB
loading...
Ini Alasan Asupan Probiotik Penting untuk Dukung Sistem Imun Anak
Selain menerapkan pola hidup sehat, kesehatan pencernaan anak juga memainkan peran kunci dalam membangun sistem imun tubuh yang kuat. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Memastikan anak tetap sehat dan tumbuh optimal menjadi prioritas semua orang tua. Untuk mendukung tumbuh kembang yang baik, anak perlu memiliki daya tahan tubuh dan sistem imun yang kuat. Selain menerapkan pola hidup sehat, kesehatan pencernaan anak juga memainkan peran kunci dalam membangun sistem imun tubuh yang kuat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Caesar Givani Sp.PD menerangkan, kesehatan pencernaan memiliki hubungan yang erat dengan sistem imun tubuh. Bahkan, saluran cerna bertanggung jawab atas produksi 80% antibodi tubuh dalam melawan virus dan bakteri.

Hal tersebut menjadikan saluran cerna sebagai salah satu organ yang sangat berperan penting bagi sistem pertahanan dan kesehatan tubuh anak. Maka, bila kesehatan pencernaan terganggu, kemampuan sistem kekebalan tubuh anak dalam melawan infeksi dan penyakit juga akan menurun.

Saat saluran pencernaan mengalami disfungsi atau disbiosis (ketidakseimbangan antara mikroba baik dan buruk), berbagai masalah kesehatan dapat muncul.

“Ketidakseimbangan ini dapat mengurangi jumlah bakteri baik yang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri patogen. Ini dapat melemahkan respons imun tubuh terhadap infeksi dan memungkinkan patogen berkembang biak lebih bebas,” jelas dr. Caesar.

Selain itu, kesehatan pencernaan yang terganggu juga dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Hal ini bisa menyebabkan defisiensi nutrisi yang diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang optimal.

"Misalnya, defisiensi vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin D, vitamin B12, dan zat besi, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi,” paparnya.

Untuk menghindari ketidakseimbangan bakteri tersebut, maka asupan probiotik anak perlu dijaga. Secara sederhana, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Dokter Caesar menegaskan manfaat probiotik bagi imunitas anak baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Secara tidak langsung, probiotik memperkuat kesehatan saluran pencernaan dengan memperkuat lapisan lendir dan memproduksi peptida antimikroba untuk mencegah invasi bakteri patogen. Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan jumlah sel imun seperti sel T dan B, efektif melawan infeksi saluran pernapasan, perut, diare, dan lain-lain. Penelitian juga menunjukkan bahwa probiotik bisa meredakan gejala alergi pada anak, termasuk alergi makanan dan pernapasan,” terangnya.

Namun, penting juga untuk diketahui bahwa tidak semua jenis probiotik memiliki manfaat yang sama. Beberapa jenis probiotik memiliki manfaat kesehatan seperti memperlancar pencernaan, sedangkan beberapa lainnya dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Beberapa contoh jenis strain probiotik yang memiliki manfaat langsung dalam mendukung daya tahan tubuh anak yaitu bifidobacterium bifidum dan bifidobacterium adolescentis. Selain didapatkan dengan mengonsumsi makanan fermentasi dan susu, jenis probiotik tersebut juga bisa diperoleh secara praktis dari suplemen probiotik seperti G-NiiB Immunity+ (SIM01).

G-NiiB Immunity+ (SIM01) merupakan suplemen probiotik dan prebiotik yang mengandung tiga jenis probiotik yakni bifidobacterium bifidum, bifidobacterium adolescentis, dan bifidobacterium longum, yang telah teruji klinis memiliki berbagai manfaat kesehatan, khususnya untuk sistem pencernaan dan imun. Selain itu, suplemen probiotik ini juga aman dikonsumsi oleh anak-anak mulai dari dua tahun dan telah bersertifikat halal sehingga terjamin kualitasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)