Optimalkan Kemampuan Entrepreneurship, Seleb Makin Kaya

Jum'at, 21 Desember 2018 - 10:18 WIB
Optimalkan Kemampuan Entrepreneurship, Seleb Makin Kaya
Optimalkan Kemampuan Entrepreneurship, Seleb Makin Kaya
A A A
NEW YORK - Hanya menjadi selebritas tidak menjamin pundi kekayaan terus bertambah. Gaya hidup sejumlah artis papan atas yang menuntut kemewahan kerap membuat kocek terkuras. Tak mengherankan bila para selebritas, baik dunia mau pun dalam negeri, menggali sisi entrepreneurship mereka. Salah satu selebritas muda yang sukses berwirausaha adalah Kylie Jenner.

Bungsu dari klan Kardashian-Jenner ini menjadi multimiliarder lewat perusahaan kosmetik Kylie Cosmetics. Kekasih Travis Scott ini bahkan menjadi pendatang baru di daftar sele britas terkaya yang baru saja diluncurkan versi majalah Forbes.

Kylie memiliki kekayaan bersih sebesar USD900 juta (Rp13 triliun). Tak mengherankan bila dia menyabet titel miliarder self-made termuda sepanjang sejarah. Perempuan berusia 21 tahun itu menjalankan bisnis Kylie Cosmetics yang meraup lebih dari USD630 juta sejak diluncurkan dua tahun lalu. Kylie memiliki Kylie Cosmetics secara penuh.

Baginya, pemasaran Kylie Cosmetics tidak terlalu sulit. Sebab, pada zaman modern seperti sekarang dia bisa melakukan pemasaran dan promosi secara masif di media sosial di mana dia memiliki 168 juta followers .

“Media sosial merupakan plat form yang bagus karena akses terhadap fans dan pembeli menjadi lebih mudah,” ungkap Kylie. Kekayaannya setara dengan Jay-Z (USD900 juta) yang mengalami kenaikan kekayaan sebesar USD90 juta dalam 12 bulan terakhir atas kepemilikan saham di Armand de Brignac dan D’Usse.

Sama seperti saudara tirinya, Kim Kardashian West, Kylie berhasil menumpuk pundi-pundi kekayaan di tengah puncak karier dan popularitas. Dia menjadi salah satu pebisnis busana paling sukses di AS dan dapat melakukannya dalam kurun waktu tiga tahun.

Kylie Cosmetics menjual lip kit (lipstik dan lip liner ) seharga USD29 dan sukses melakukan penjualan senilai USD630 juta sejak dua tahun lalu, termasuk USD330 juta pada 2017. Forbes menyatakan, nilai perusahaan tersebut mencapai USD800 juta setelah menambah produk baru seperti eye shadow dan concealer .

Ditambah dengan penghasilan dari program televisi dan endorsing bersama merek terkemuka seperti Puma dan Pac-Sun, kekayaannya diestimasikan mencapai USD900 juta. Angka itu jauh lebih tinggi dari Kim Kardashian.

Dia menjadi miliarder termuda dan berpotensi mengalahkan Mark Zuckerberg dan Evan Spiegel. Jiwa entrepreneurship memang perlu diasah. Legenda basket AS, Michael Jordan, membuktikan meski telah mundur dari panggung olahraga, dia tetap memiliki penghasilan yang sangat besar.

Kekayaan ikon Chicago Bulls tersebut mencapai USD1,7 miliar. Dia berada di tangga keempat daftar selebritis terkaya versi Forbes. Meroketnya kekayaan Jordan bersumber dari kesuksesan bisnis sepatu Air Jordan dan kepemilikan saham sebesar 90% di klub basket Charlotte Hornets.

Sahamnya di Charlotte Hornets mencapai USD800 juta, sedangkan posisi pertama menjadi milik pembuat film George Lucas yang menciptakan Star Wars. Dia menjadi yang terkaya lewat total kekayaan bersih sebesar USD5,4 miliar (Rp78,2 triliun). Forbes menyebut harta Lucas berasal dari penjualan Lucas-film kepada Disney senilai USD4,2 miliar pada 2012.

Atas transaksi superbesar itu, dia melampaui pembuat film Steven Spielberg (USD3,7 miliar) dan Oprah Winfrey (USD2,8 miliar). Sepuluh selebritis terkaya AS memiliki kekayaan gabungan sebesar USD18,7 miliar, mendekati produk domestik bruto (PDB) Islandia yang mencapai USD23 miliar pada 2017.

“Total kekayaan selebritis AS terus meningkat di setiap tahun. Tahun ini, peningkatannya mencapai 4% dibanding tahun lalu,” ungkap Forbes . Di dalam negeri hal serupa juga terjadi. Sejumlah selebritis Tanah Air banyak yang menambah pundi kekayaan lewat berwirausaha.

Di antaranya Raffi Ahmad. Sebagai salah satu artis Indonesia terkaya ini memiliki jiwa kewirausahaan yang besar. Dia menggeluti bisnis kuliner, fashion, dan juga production house RA Pictures yang telah memproduksi beberapa film berbagai genre.

“Alhamdulillah, kalau dibilang sukses dalam berbisnis. Kelihatan makin banyak (berbagai bidang usaha), tapi semua itu dari nol,” ungkap Raffi. Dia mengatakan, menjadi seleb pasti memiliki jadwal yang padat. Namun, bisa disiasati dengan kerja keras agar mampu berwirausaha.

“Sekarang karena punya keinginan kalau umur 35 tahun, aku enggak kerja capek-capek lagi sehingga apabila anak sudah sekolah bisa punya waktu lama untuk keluarga,” imbuhnya. Rekan Raffi, Ruben Onsu, juga merupakan artis yang sukses menjalankan bisnis kuliner lewat brand Geprek Bensu.

Selain gerainya bisa ditemui di seluruh Tanah Air, Geprek Bensu juga membuat terobosan membuka cabang di Hong Kong hingga Belanda. “Saya melihat punya potensi yang bagus dari bisnis ini dan kini terus berkembang,” ungkapnya.

Pria kelahiran Jakarta, 15 Agustus 1983, ini menekankan, dalam menjalankan bisnis kuliner seseorang harus benarbenar mengenali bisnis apa yang akan dijalankan. Artis cantik Prilly Latuconsina bisa dikatakan merupakan salah satu aktris yang paling bersinar.

Tidak hanya dalam hal karier, tapi juga mendulang uang dari kejeliannya berbisnis. Dia memiliki Nona Judes, Really Cake, Slimilly dan Bebelly Bakery, bisnis clothing line Ily Wear Collection dan merek kosmetik Ily Cosmetics. Aktris Zaskia Adya Mecca pun membaca peluang wirausaha dengan menjalani bisnis hijab dan busana muslim Meccanism sejak 2012.

Seiring berjalan waktu, usaha yang dirintisnya pun mengalami kemajuan pesat. Salah satu faktor pendukungnya, istri sutradara Hanung Bramantyo ini memanfaatkan teknologi sebagai media promosi. Sementara itu, tak hanya sukses melebarkan sayap bisnis kuliner dan lini bisnis fashion, bintang sinetron Teuku Wisnu mencoba peruntungan bersama sahabat dekatnya yang dikenal sebagai geng mewah, yakni aktor Mario Irwinsyah, Dimas Seto, Dude Harlino membangun bisnis travel umrah dan haji: Abu Adam by Jannah Travel.

“Terben tuknya Abu Adam Travel ini sejarahnya singkat, ketika saya telepon Irwansyah, dapat tawaran beberapa travel ajak kerja sama. Daripada sama yang lain, istri saya, Shireen Sungkar, dan Irfan Hakim sudah di Jannah Travel. Setelah ngobrol sama Irwan, ya sudah bismillah jalan bareng dengan Jannah Travel,” ujar Teuku Wisnu.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7857 seconds (0.1#10.140)