5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol, Lemak Tak Jenuh Pilihan Terbaik

Senin, 29 April 2024 - 06:00 WIB
loading...
5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol, Lemak Tak Jenuh Pilihan Terbaik
Pemilik kolesterol tinggi harus waspada. Penyakit ini memicu stroke dan jantung. Ada beberapa cara mengatasinya. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA – Mereka yang memiliki kolesterol tinggi harus waspada. Pasalnya, penyakit ini meningkatkan kemungkinan terkena stroke dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Dikutip stars insider, kolesterol adalah zat mirip lemak yang ditemukan di setiap tubuh manusia. Ini pada dasarnya tidak buruk, tetapi apa pun dalam hidup, mengonsumsi terlalu banyak dapat menimbulkan masalah.



Kolesterol tinggi sering kali disebabkan oleh pola makan tinggi lemak jenuh, obesitas, dan kurang olahraga. Mereka yang menderita diabetes mempunyai risiko lebih tinggi terkena kolesterol tinggi, dan beberapa orang memang memiliki kecenderungan genetik.

Pengobatan terkadang digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, namun perubahan gaya hidup adalah garis pertahanan pertama. Untungnya, ada banyak cara alami untuk meningkatkan keseimbangan kolesterol dalam tubuh Anda.

Cara alami menurunkan kolesterol

Sama seperti lemak, kolesterol merupakan bagian penting dari tubuh manusia dan memiliki banyak fungsi penting. Sama seperti lemak, menjadi masalah jika jumlahnya terlalu banyak, terutama di tempat yang salah.

Kolesterol diproduksi di hati dan digunakan dalam produksi beberapa hormon penting. Kolesterol bergerak ke seluruh tubuh dengan bantuan lipoprotein. Ada dua jenis utama: lipoprotein densitas rendah (LDL), dan lipoprotein densitas tinggi (HDL).

LDL (kolesterol rendah)
Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Mereka dapat meninggalkan timbunan kolesterol di dinding pembuluh darah, yang menyebabkan penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

HDL (kolesterol tinggi)
HDL, di sisi lain, adalah metode transportasi kolesterol yang jauh lebih baik! Ini membawa kolesterol menjauh dari dinding pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit tersebut.

5 Cara Alami Menurunkan Kolesterol
Dalam hal menurunkan kolesterol, penting untuk melakukan dua hal sekaligus. Anda perlu menurunkan kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Serangan dua arah ini memiliki manfaat kesehatan paling besar.

1. Lemak tak jenuh tunggal
Banyak orang beranggapan bahwa diet rendah lemak adalah cara terbaik untuk meningkatkan kadar kolesterol. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Meski lemak jenuh bisa berbahaya, menghilangkan lemak sama sekali memiliki dampak buruk. Tubuh tetap membutuhkan lemak sehat dan kolesterol HDL.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)