Deteksi Kanker Lebih Awal, Peneliti Uji Coba Tes Napas

Selasa, 15 Januari 2019 - 11:02 WIB
Deteksi Kanker Lebih Awal, Peneliti Uji Coba Tes Napas
Deteksi Kanker Lebih Awal, Peneliti Uji Coba Tes Napas
A A A
JAKARTA - Beberapa penyakit diketahui menimbulkan bau khas dari tubuh, termasuk demam tifoid yang dilaporkan berbau seperti roti panggang dan aroma aseton, yang dikatakan mirip dengan apel busuk, pada napas penderita diabetes. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa napas seseorang bisa mengindikasikan adanya kanker. Lewat Breathalyzer, penyakit ini diharapkan bisa dideteksi lebih awal dan sedang diuji di Inggris.

Dilansir CNN, untuk menguji ini, Cancer Research UK telah meluncurkan uji coba selama dua tahun ke perangkat klinis yang disebut Breath Biopsi. Tujuannya untuk mengetahui apakah molekul udara yang dihembuskan dapat digunakan untuk mendeteksi kanker.

Dalam proses metabolisme tubuh yang normal, molekul yang disebut senyawa organik volatil (VOC) diproduksi. Diperkirakan kanker dapat menciptakan pola VOC yang berbeda, yang peneliti harapkan dapat diidentifikasi menggunakan perangkat tersebut.

"Tujuan kami adalah, dapatkah kami menemukan perbedaan-perbedaan yang halus ini," kata Billy Boyle, salah satu pendiri dan CEO di Owlstone Medical yang mengembangkan perangkat tersebut.

Uji coba, yang sedang dijalankan oleh Cancer Research UK Cambridge Centre ini melibatkan 1.500 peserta, termasuk orang sehat untuk bertindak sebagai kelompok kontrol.

Pasien dengan kanker lambung dan kerongkongan pada awalnya akan diminta untuk mencoba tes, sebelum ke pasien dengan kanker prostat, ginjal, kandung kemih, hati dan pankreas. Peserta akan diminta untuk bernapas ke dalam perangkat selama 10 menit untuk memberikan sampel yang akan dianalisis oleh laboratorium Owlstone Medical di Cambridge.

"Kami sangat perlu mengembangkan alat-alat baru, seperti tes napas ini yang dapat membantu mendeteksi dan mendiagnosis kanker sebelumnya, memberi pasien peluang terbaik untuk selamat dari penyakit mereka," kata Profesor Rebecca Fitzgerald, ketua peneliti persidangan di Cancer Research UK Cambridge Centre.

Menurut Cancer Research UK, hampir setengah dari kanker didiagnosis pada stadium lanjut di Inggris. Beberapa alasannya adalah karena ketakutan pasien akan tes invasif, kurangnya pengetahuan tentang tanda dan gejala kanker, dan kurangnya tes deteksi dini untuk kanker tertentu.

Sekitar 85% orang dengan kanker paru-paru didiagnosis pada tahap akhir, dan mereka akan mati dalam satu atau dua tahun karena pada saat dokter mendiagnosisnya sudah terlambat.

Ada lebih dari 360.000 kasus kanker baru di Inggris setiap tahun. Berdasarkan data WHO, secara global, diperkirakan 18,1 juta kasus baru kanker dilaporkan pada 2018. Pada 2017 peneliti telah mengembangkan perangkat yang menggunakan nanorays untuk menganalisis napas mengidentifikasi penyakit parkinson, berbagai kanker, gagal ginjal, multiple sclerosis, dan penyakit crohn dengan akurasi 86%. Teknologi eksperimental menganalisis napas memiliki sejumlah masalah yang harus diatasi, termasuk masalah menyimpan napas yang tidak segera dianalisis.

Namun perangkat breath biopsi telah dikembangkan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Boyle mengatakan perangkat menangkap bahan kimia menggunakan cartridge, yang bekerja seperti spons, dan kemudian diangkut ke laboratorium di mana ia dianalisis. Jika percobaan ini sukses, Boyle dan Cancer Research berharap breath biopsi akan digunakan dalam praktik dokter untuk mencari tahu apakah pasien harus dirujuk untuk tes diagnostik lebih lanjut.

"Melalui uji klinis ini kami berharap menemukan tanda dalam napas yang diperlukan untuk mendeteksi kanker sebelumnya - ini adalah langkah penting berikutnya dalam mengembangkan teknologi ini," tutur Fitzgerald.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5927 seconds (0.1#10.140)