Perbedaan Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah, Apa Saja?

Senin, 06 Mei 2024 - 17:45 WIB
loading...
Perbedaan Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah, Apa Saja?
Perbedaan Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah menarik diketahui. Keduanya merupakan perayaan keagamaan umat Kristiani. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Perbedaan Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah menarik diketahui. Keduanya merupakan perayaan keagamaan umat Kristiani.

Bagi umat Kristiani, Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah menjadi peringatan keagamaan yang diperingati setiap tahun secara rutin. Keduanya merupakan momen peringatan yang berhubungan dengan sejarah iman umat Nasrani.

Pada satu sisi, dua peristiwa di atas memang memiliki hubungan. Namun, masing-masing memiliki sejarah dan makna yang berbeda.



Lalu, apa saja perbedaan peringatan Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah? Berikut penjelasannya, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2024).

Perbedaan Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah

1. Pengertian

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Paskah diartikan sebagai hari raya peringatan Kebangkitan Isa Almasih. Melalui momen ini, umat Kristiani memperingati kebangkitan Yesus Kristus setelah melalui penderitaan di kayu salib.

Sementara itu, Kenaikan Yesus Kristus merupakan peristiwa ketika Yesus naik ke surga, yakni 40 hari setelah hari kebangkitannya (Paskah). Peristiwa ini disaksikan oleh murid-murid Yesus yang melihatnya terangkat naik ke langit sebelum akhirnya hilang dari pandangan dan tertutup awan.

2. Sejarah dan Makna

Singkatnya, Kenaikan Yesus Kristus merupakan momen 40 hari setelah Kebangkitan Yesus (Paskah). Kedua peristiwa ini memang berhubungan, namun tetap berbeda.



Hari Paskah dimaknai sebagai kemenangan Yesus Kristus atas maut. Dengan kebangkitan Yesus, umat percaya bahwa selalu ada kemenangan di balik penderitaan.

Sementara untuk Kenaikan Yesus Kristus, peristiwa tersebut dimaknai sebagai momen sakral yang menunjukkan kesatuan Yesus dengan Allah Bapa.

3. Hari Peringatan

Hari Paskah tidak memiliki tanggal dan bulan yang pasti. Kendati begitu, tanggal perayaan Paskah setiap tahun selalu berlangsung di hari Minggu, antara tanggal 22 Maret hingga 27 April. Pada 2024, Paskah jatuh pada 31 Maret.

Sedangkan Kenaikan Yesus Kristus dirayakan 40 hari setelahnya. Waktunya sendiri biasa jatuh pada hari Kamis. Pada 2024, Kenaikan Yesus Kristus jatuh pada 9 Mei.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan Kenaikan Yesus Kristus dan Paskah. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3937 seconds (0.1#10.140)