10 Kebiasaan Rutin di Pagi Hari yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Sabtu, 18 Mei 2024 - 20:45 WIB
loading...
10 Kebiasaan Rutin di Pagi Hari yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi
Kebiasaan rutin di pagi hari bisa membantu menurunkan darah tinggi. Menjaga tekanan darah tetap normal adalah hal penting untuk kesehatan jangka panjang. Foto/Down To Earth
A A A
JAKARTA - Kebiasaan rutin di pagi hari bisa membantu menurunkan darah tinggi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti stroke. Menjaga tekanan darah tetap normal adalah hal penting untuk kesehatan jangka panjang.

Kebiasaan di pagi hari dapat memainkan peran besar dalam membantu menurunkan atau mengelola tekanan darah tinggi atau hipertensi. Mulailah dengan perubahan kecil dan konsisten, serta konsultasikan dengan dokter atau profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Hal ini dapat memberikan tekanan pada sistem kardiovaskular dan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal.

Kebiasaan Rutin di Pagi Hari yang Bisa Menurunkan Darah Tinggi



Berikut kebiasaan rutin di pagi hari yang bisa menurunkan darah tinggi dilansir dari NDTV, Sabtu (18/5/2024).



1. Bangun pada Waktu yang Konsisten


Tetapkan waktu bangun yang teratur untuk mengatur jam internal tubuh Anda dan meningkatkan tingkat tekanan darah yang sehat. Merencanakan rutinitas yang tepat sebelumnya juga dapat membantu mengurangi stres. Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

2. Hidrasi


Mulailah hari Anda dengan minum segelas air. Tetap terhidrasi membantu mengatur volume darah, yang dapat menurunkan tekanan darah. Anda bisa menukar gelas air Anda dengan air berasa. Tambahkan lemon, sayuran segar, dan bahkan buah-buahan tertentu untuk lebih meningkatkan rasa dan nilai gizi air.

3. Olahraga


Melakukan olahraga, seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, atau latihan aerobik lainnya, setidaknya selama 150 menit per minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah seiring waktu.

4. Meditasi


Stres dapat meningkatkan tekanan darah. Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk berlatih latihan pernapasan dalam atau meditasi untuk meningkatkan relaksasi dan mengurangi tingkat stres.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)
pixels