Ingin Mengenal Captain Marvel? Ini Rangkaian Komik untuk Rujukan!

Minggu, 24 Februari 2019 - 20:35 WIB
Ingin Mengenal Captain Marvel? Ini Rangkaian Komik untuk Rujukan!
Ingin Mengenal Captain Marvel? Ini Rangkaian Komik untuk Rujukan!
A A A
JAKARTA - Hanya dalam hitungan hari, aksi Brie Larson sebagai Carol Danvers di film Captain Marvel akan bisa dinikmati para penggemar dan pecinta film, terutama pecinta Marvel Cinematic Universe. Film menjanjikan aksi yang mengagumkan serta nostalgia era 90an yang dipastikan bakal membawa penontonnya kembali ke masa lalu.

Captain Marvel adalah tokoh baru di dunia Marvel Cinematic Universe. Namun, di dunia komik, tokoh ini sudah ada sejak 1968. Hanya, Carol Danvers mulai mengenakan mantel Captain Marvel ini baru pada 2012. Sejak saat itu, karakternya mulai berubah. Bahkan, sejarah, warisan, kekuatan dan karakter pendukungnya pun turut berubah.

Karakter Carol Danvers diciptakan Roy Thomas dan Gene Colan pada 1968. Saat itu, dia tampil bersama Captain Marvel yang merupakan seorang pria. Akhirnya, Marvel berubah dan ingin membuat superhero perempuan. Mereka kemudian menjadikan Carol—yang dikenal sebagai Ms Marvel—sebagai tokoh untuk serial baru yang diluncurkan berkat bantuan Gerry Conway, John Buscema, dan Chris Claremont. Carol menjadi Ms Marvel untuk beberapa saat dengan adanya perubahan pada dirinya hingga pada akhirnya menerima mantel Captain Marvel dan menjadi pahlawan yang dikenal saat ini.

Untuk mengetahui lebih dalam siapa sebenarnya Carol Danvers dan kiprahnya sebagai Captain Marvel, ada serangkaian komik yang bisa dijadikan referensi. Bisa jadi, dari komik-komik ini pulalah film Captain Marvel yang akan tayang pada 6 Maret mendatang itu disusun ceritanya.

1. Who Is Mar-Vell?
Kalian tidak harus membaca semua cerita asli Captain Marvel untuk mengetahui semuanya tentang Carol. Namun, ada beberapa cerita yang bisa dibaca untuk mengetahuinya.

Salah satunya, kalian bisa membaca Captain Marvel #1, yang berfokus pada tentara Kree bernama Mar-Vell. Mar-Vell adalah nama aslinya, tapi ketika dia kali pertama menghentikan Yon-Rogg di Bumi, orang mendengar namanya adalah Marvel, bukan Mar-Vell dan menjulukinya sebagai Captain Marvel. Ini bukanlah penampilan pertamanya, tapi kalian akan mendapatkan intinya begitu edisi ini selesai.

Komik ini juga memperkenalkan sosok Yon-Rogg. Karakter ini ada di Captain Marvel #1—3. Edisi ini juga memperkenalkan kalian pada Walter Lawson, identitas manusia yang diambil Mar-Vell setelah Yon-Rogg membunuh Walter yang asli. Dengan mengambil alih kehidupan Walter, Mar-Vell akhirnya mengenal Carol dan keduanya memulai hubungan persahabatan dan lebih dari itu. Terkait Carol, kalian bisa membaca Captain Marvel #18, yang menampilkan momen pertempuran antara Mar-Vell dan Yon-Rogg yang menyebabkan Caroln mengalami perubahan struktur gen dan membuatnya mendapatkan kekuatan. Meskipun, itu bukanlah cerita utuhnya.

2. The Life of Captain Marvel
Carol mendapatkan kekuatan akibat terpapar radiasi sinar Psyche-Magnitron dan DNA Mar-Vell juga turut mengubahnya. Namun di The Life of Captain Marvel (1—5), itu bukanlah semuanya. Di serial yang dirilis pada 2018 itu, Marvel mengungkapkan kalau ibu Carol bukanlah manusia, tapi prajurit Kree—fakta yang mencuat berkat pemburu hadiah Kree yang mengejarnya setelah sinyalnya secara tidak sengaja diaktifkan Carol. Ini menjelaskan kalau Carol punya keturunan Kree dan DNA-nya tidak terstruktur ulang atau berubah setelah insiden dengan Psyche-Magnitron, hanya dibangkitkan.

Jadi, kekuatannya sudah ada tapi tidak bangkit sampai dia bertemu Mar-Vell dan Yon-Rogg. Ini adalah bagian untuk merampingkan asal muasalnya yang berbelit, jadi ada harapan aspek ini akan dipakai di film, tapi filmnya mungkin akan berbeda dari komik ini juga. Meski begitu, cukup baik untuk memahami di mana karakter itu sekarang di komik dan bagaimana asal muasalnya akan disebut di masa depan selain di Marvel Cinematic Universe (MCU).

3. Kree/Skrull War

Baik Kree dan Skrull punya sejarah panjang di Marvel Universe, tapi untuk memahami basis konflik di Captain Marvel, hanya ada satu serial untuk dibaca. Skrull ada duluan, tapi kemudian Kree bergabung. Mereka tumbuh saling membenci satu sama lain dan konflik mereka tumbuh sampai ke Bumi.

Skrull ingin memanfaatkan Bumi sebagai benteng perang mereka mealwann Kree, sehingga Avengers dan Captain Marvel (Mar-Vell) akan bertarung sebagai usaha mengubah arus, dan sementara Kree berusaha mendorong agenda mereka. Konflik itu ada di komik Avengers #89—97 dan juga ada di Avengers: Kree/Skrull War TPB (2012).

4. Monica Rambeau
Bukan hanya Mar-Vell dan Carol Danvers yang menggunakan nama Captain Marvel. Di antara mereka, ada Monica Rambeau yang juga pernah mengenakan mantel itu.

Monica adalah teman lama Carol di komik. Monica diciptakan Roger Stern dan John Romita Jr. pada 1982. Sementara, film ini nanti akan berfokus pada ibu Monica, Maria, di film ini mungkin akan ada sejarah untuk Monica, meski di film ini Monica adalah anak Maria. Monica menjadi Captain Marvel kedua di komik The Amazing Spider-Man Annual. Dia memakai nama itu sampai Genis-Vell mengambil alih nama itu. Monica kemudian memakai nama Photon. Ironisnya, dia mengubah nama itu lagi setelah Genis-Vell mengambil nama Photon-nya. Di komik Captain Marvel #7, Monica jengkel dengan Carol setelah tahu dia telah mengambil nama Captain Marvel. Komik lain yang mengangkat kisah Monica adalah Captain Marvel: Monica Rambeau TPB (2019).

5. Family
Sementara The Life of Captain Marvel mengubah sejumlah dinamika antara Carol dan keluarganya, kalian masih harus memahami sifat asli mereka dan bagaimana semuanya dimulai. Ada dua komik yang bisa dibaca, yaitu Ms. Marvel #31 Vol. 2 dan Captain Marvel: Carol Danvers – The Ms. Marvel Years Vol. 2 TPB (2018).

Komik itu juga menjadi primer sempurna atas apa yang terjadi antara Rogue dan Carol. Namun, tidak dibutuhkan untuk tahu detilnya hingga ada sekuel film Captain Marvel. Namun, Brian Reed memperlihatkan sifat yang lebih personal dan mematahkan hati atas apa yang dilakukan Rogue pada Carol. Ketika mereka bertempur, Rogue adalah penjahat dan dia menguras kekuatan Carol dengan menyentuhnya. Sayang, dia tidak hanya menguras kekuatan Carol, tapi juga memorinya. Saat bertemu kembalin dengan ibu, ayah dan adiknya, kerusakan itu jelas terlihat. Ketika Profesor Xavier bisa mengembalikan memorinya dan Brood memberikan kembali kekuatannya, ikatan emosionalnya terhadap memori itu tetap tidak ada. Dia tahu orang tuanya dan bahkan mantan pacarnya, tapi dia tidak merasakan apa pun dan itu tidak mudahn bagi keluarganya.

6. A Furry Introduction
Yang ini bukanlah yang paling penting. Namun, ini adalah petualangan yang bisa dinikmati ketika Ms Marvel satu tim dengan Doctor Strange dan mengungkap nama yang disukai semua orang, Chewie.

Di film, kucing Carol itu diberi nama Goose. Di komik, dia bernama Chewie. Petualangan itu membuat cerita ini kuat. Kucing itu sudah ada sebelumnya dan bahkan dipakai sebagai senjata untuk melawan Warren Traveller. Carol melemparkan kucing itu ke arah Warren. Tapi, di akhir edisi itu, kita melihat betapa anehnya Carol dan dunianya tidak akan sama. Yang perlu dibaca adalah Ms. Marvel Vol. 2 #4—5 dan Captain Marvel: Carol Danvers – The Ms. Marvel Years Vol. 1 TPB.

7. A Human Hero

Ada beberapa elemen Carol Danvers yang mengagumkan. Salah satunya adalah betapa manusiawinya dia. Kekurangan dan kesalahannya membuatnya menjadi luar biasa menyenangkan, begitu juga perjalanannya untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu ketika dia pada akhirnya menerima kenyataan itu. Salah satunya adalah di peristiwa Civil War asli.

Di Civil War pertama, para pahlawan harus membuat pilihan yang tidak mereka inginkan, tapi jika tidak memilih, mereka akan ditangkap. Di Ms Marvel #6—8, Carol berada di pihak Tony Stark dan gerakan propendaftaran dan pada akhirnya harus menangkap beberapa orang, termasuk Julia Carpenter. Carol bertarung beberapa kali dengannya karena masalah itu. Dia yakin kalau kubu Tony bagus untuk negara tapi tidak tahu konsekuensinya dan mungkin terlalu jauh dalam tujuannya untuk main hakim sendiri. Ini jadi pahlawan vs pahlawan dan masuk ke kehidupan pribadi di balik topeng. Carol menangkap Julia di depan putrinya dan pertempuran itu membuat semua orang takut dan bahkan membuat Carol ragu. Carol mengakui Julia punya perannya sendiri, tapi juga menyadari dia salah. Ms Marvel #14 membuatnya memperbaiki kesalahannya. Yang ini mungkin tidak akan masuk ke film. Namun, membacanya akan memberikan pemahamanan atas karakter Carol. Komik lainnya adalah Captain Marvel: Carol Danvers – The Ms. Marvel Years Vol. 1 TPB.

8. Higher, Further, Faster, More

Yang ini mungkin adalah serial yang paling dikenal karena menjadi tagline film Captain Marvel. Seri Kelly Sue DeConnick atas karakter ini adalah yang paling terasosiasi dengan masa Carol sebagai Captain Marvel. Pesona Carol Danvers yang santai adalah yang tertinggi di sini. Dan, meskipun karaker ini belum pernah lebih percaya diri, masih ada kerapuhan dan humor yang berlanjut dari seri sebelumnya. Seri ini juga membawa banyak elemen antariksa yang menjadi elemen kuat di film. Jadi, ini harus diperhatikan.

Di seri ini, Captain Marvel berinteraksi dengan Guardians of the Galaxy dan bertemu sekutu baru bernama Tic, yang mungkin diperkenalkan di film. Di seri ini juga menampilkan Tracy Burke, yang merupakan karakter pendukung yang sangat berarti bagi dunia Carol di masa kini. Dan, ada adegan lucu antara mempertemukan Rocket Raccoon dan Chewie. Komik yang perlu dibaca adalah Captain Marvel #1—6 (2014) dan Captain Marvel Vol. 1: Higher, Further, Faster, More TPB (2014).

9. The Flerken

Jika tertarik pada Chewie, maka Captain Marvel #7—8 adalah edisi yang tepat. Di edisi ini, klaim Rocket Raccoon bahwa Chewie adalah alien bernama Flerken ternyata benar. Ternyata, Chewie adalah seorang ibu. Jadi, ada sepasukan Flerken berlarian di kapal antariksa yang diinvasi, yang menyebabkan persatuan antara Rocket dan Chewie. Chewie kemudian diculik sekelompok tentara bayaran bernama Haffensye, yang membelenggunya dan memasangi pelindung moncong pada kucing itu. Ini tercermin di salah satu action figure Captain Marvel, jadi cerita ini bisa jadi muncul di film, begitu juga Haffensye. Komik lain yang bisa dibaca adalah Captain Marvel Vol. 2: Stay Fly TPB (2014), Captain Marvel #12 (2014) dan Captain Marvel Vol. 3: Alis Volat Propriis TPB (2014).
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5629 seconds (0.1#10.140)