Setelah Eropa, Boneka asal Indonesia Ekspansi ke Amerika Utara

Selasa, 26 Februari 2019 - 19:20 WIB
Setelah Eropa, Boneka asal Indonesia Ekspansi ke Amerika Utara
Setelah Eropa, Boneka asal Indonesia Ekspansi ke Amerika Utara
A A A
JAKARTA - Sukses menembus pasar Eropa melalui ajang pameran "Spielwarenmesse Toys Fair" di Nuernberg, Jerman, akhir Januari lalu, produk boneka produksi dalam negeri OZco kembali merambah ke kancah internasional dengan memasuki pasar Amerika di ajang pameran mainan "North American International Toy Fair New York 2019".

Ajang tersebut merupakan event mainan terbesar di belahan Amerika Utara, yang sudah berlangsung sebanyak 116 kali serta mampu menyedot kurang lebih 30.000 pengunjung. Event yang diikuti 1000 ekshibitor pameran mainan dari 100 negara ini menampilkan puluhan ribu jenis mainan dari mainan inovatif hingga mainan klasik.

Toy Fair New York yang berlangsung di Jacob K. Javits Convention Center ini juga menjadi pameran dagang mainan terbesar dan paling penting di belahan Utara Amerika, yang mewakili inovasi, semangat, dan vitalitas pasar mainan Amerika dan global. Toy Fair 2019 dibagi menjadi beberapa zona produk yang bertujuan untuk membantu para pembeli, dan tamu lain menemukan berbagai produk mainan yanh mereka butuhkan.
Setelah Eropa, Boneka asal Indonesia Ekspansi ke Amerika Utara

"Minggu lalu kami baru saja pulang dari pameran Toy Fair New York 2019. Event tersebut merupakan salah satu event industri pameran mainan yang bergensi di Amerika. Dalam rilis resmi yang saya dapatkan, Toy Fair New York yang bekerjasama dengan asosiasi pameran mainan Amerika atau The Toy Association mendorong perputaran uang industri mainan di Amerika ke pasar global kurang lebih senilai 28 Milliar US Dollar," jelas CEO FFC, Iwan Tjen dalan keterangan tertulis kepada SINDOnews, Selasa (26/2).

Lebih lanjut, Iwan Tjen, yang juga pebisnis di bidang garmen dan juga alat kesehatan, mengatakan jika tujuan Ozco mengikuti pameran Toy Fair yang berlangsung pada pertengahan Februari kemarin, di antaranya adalah untuk memperkenalkan beberapa produk OZco seperti Club Unicorns, Lily & Friends, Paleo World, Ozco Animal Headmount, Animal Outfit Magnet, Say It with a Bear dan OZco Mini Animal series.

"Kami ingin memperkenalkan kepada dunia luar bahwa produk mainan boneka buatan Indonesia juga merupakan salah satu yang terbaik dan siap bersaing dengan produsen negara lainnya," kata Iwan.

"Selama di sana, produk OZco mendapat sambutan yang baik dari para pengunjung dan juga calon pembeli, serta mendapat pengakuan juga dari komunitas pecinta mainan dan boneka yang ada di sana. Saya telah berekspansi ke pasar Amerika sejak 2016 melalui perusahaan kami di Portland Maine," sambungnya.
Setelah Eropa, Boneka asal Indonesia Ekspansi ke Amerika Utara

Masuk ke pasar mainan Amerika, OZco menggandeng mitranya Dr Giuseppe Lambardo. Pria yang akrab di sapa Joe tersebut, optimistis boneka OZco akan mendapatkan market tesendiri di negeri Paman Sam. "Produk boneka OZ.co sangat disukai dan banyak dibeli karena karateristiknya yang unik dan juga kualitasnya sangat bagus," ucap Lambardo.

"Terbukti saat pameran kemarin; banyak pembeli yang mengunjungi stan kami. Untuk di Amerika, saya menargetkan omzet penjualan di tahun 2019 ini sebesar USD 5 juta," Lambardo menambahkan.

Sementara, untuk target selanjutnya, Iwan Tjen akan terus memasuki pasar mainan besar baik di Eropa, Amerika dan juga Asia. Saat ini beberapa produk boneka OZco yang telah ada di Indonesia bisa dibeli dengan sistem daring atau online shopping, serta juga terdapat di beberapa toko mainan dan ranch market.

"Secara bisnis industri mainan, pertumbuhan bisnis brand kami Ozco hingga tahun 2019 nanti kami prediksi tidak akan lesu, bahkan produk-produk kami banyak dikoleksi dan selalu ditunggu koleksi terbarunya oleh para pecinta boneka atau mainan. Secara pertumbuhan bisnis tahun ini kami tetap stabil dan tetap mendapatkan pangsa pasar konsumen yang loyal," tutup Iwan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6273 seconds (0.1#10.140)