10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Kamis, 07 Maret 2019 - 05:01 WIB
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea
A A A
JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Selatan telah meningkatkan kehadirannya secara global, dan telah menjadi tujuan wisata utama bagi pelancong dari seluruh dunia. Sayangnya, banyak wisatawan hanya menghabiskan liburan mereka di Seoul, sementara negara ini memiliki begitu banyak hal menarik untuk dijelajahi.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang dimiliki Korsel, setidaknya ada 10 destinasi glokalisasi atau membawa budaya lokal ke komunitas global yang saat ini tengah dikembangkan oleh pemerintah Korsel. Destinasi tersebut merupakan tujuan wisata baru dan antimainstream yang diklaim menghadirkan begitu banyak karakter dan cerita yang menarik dan unik sehingga wisatawan bisa menikmati semuanya.

Berikut 10 destinasi glokalisasi Korsel yang jangan sampai dilewatkan.

1. Incheon
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Incheon merupakan salah satu kota di Korea yang merespons dengan sangat cepat terhadap tren yang berubah. Kota ini dalam perkembangan dan pergerakan yang cepat tetapi juga melestarikan budaya dan sejarah tradisionalnya. Incheon menjadi kota yang sempurna untuk memahami masa lalu, masa kini, dan masa depan Korea. Incheon dapat dilihat sebagai pusat Hallyu atau Gelombang Korea. Banyak drama dan film Korea populer yang difilmkan di sini.

Adegan utama dari drama Korea yang populer, seperti "My Love from the Star" dan "Goblin" difilmkan di Incheon. Pengunjung dapat memiliki beragam pengalaman, seperti Chinatown, di mana budaya Cina dan Korea hidup berdampingan secara harmonis; Incheon Gaehangjang (area pelabuhan terbuka), di sini pengunjung dapat melihat arsitektur modern dan vintage; dan Songdo International Business District, sebuah kota pintar.

2. Gyeonggi-do
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Provinsi Gyeonggi-do merupakan daerah yang menarik yang mengelilingi Seoul dan memiliki sebagian besar tanaman hijau. Terutama perjalanan ke wilayah Gyeonggi utara akan memberi Anda kejutan besar yang akan membuat perjalanan lebih dinamis. Wilayah ini menawarkan perubahan bentuk pegunungan yang indah, sungai yang mengalir tenang, pepohonan yang berubah warna setiap musim dan taman hiburan yang akan membuat Anda merasa seolah-olah adalah karakter utama dari peri ekor.

Untuk penggemar Hallyu, wilayah ini akan memperkaya liburan Anda karena ada banyak lokasi syuting yang diambil oleh drama dan film Korea populer. Misalnya Dumulmeori, Gapyeong Rail Bike, Gapyeong Petitie France, Gapyeong The Garden of Morning Calm, Pocheon Sansawon hingga Pocheon Herb Island. Perjalanan ke wilayah Gyeonggi utara juga akan menjadi perjalanan khusus. Pengalaman dinamis masyarakat lokal, budaya, alam, dan seni akan merangsang semua indera Anda selama berlibur.

3. Gangwon-do
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018 diadakan di Gangwon-do. Di sini para wisatawan akan merasakan kegembiraan, air mata, gairah dan semua energi dari pertandingan Olimpiade, dan itu akan membuat kenangan abadi. Semua resor ski terbaik yang dilengkapi dengan fasilitas canggih terletak di kawasan Gangwon-do. Jika Anda penggemar olahraga musim dingin, jangan lewatkan Gangwon-do saat merencanakan perjalanan Anda di Korea.

Gangwon-do juga terkenal akan keindahan alamnya. Di mana lokasi ini dikelilingi oleh pegunungan tinggi, air sungai jernih yang mengalir melalui pegunungan, dan sisa-sisa sejarah kuno. Setiap kota Gangwon-do mengandung karakter uniknya sendiri. Misalnya, Pyeongchang sebagai pusat olahraga musim dingin, Gangneung sebagai kota relaksasi dan Jeongseon merupakan kota asal yang indah dari Arirang.

4. Daejeon & Chungcheong nam-do
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Daejeon, Buyeo dan Gongju adalah kota-kota yang saat ini melestarikan kemuliaan warisan budaya dari budaya Hallyu kuno dari era Baekje Buyeo, dan Gongju adalah ibu kota Baekje. Kedua kota ini menyimpan sisa-sisa sejarah yang tak terhitung jumlahnya dari era Baekje. Artefak dari ribuan tahun yang lalu yang hancur dipulihkan dan dapat dilihat di pameran. Pada 2015, daerah itu terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai Daerah Bersejarah Baekje.

Saat ke Daejon, Anda bisa mengunjungi Songsalli Ancient Tomb Site, Downtown Filming Site, Euneungjeongi Cultural Street, Gungnamji Pond, Baekje Cultural Heritage Complex hingga Jeongnimsa Temple Site.

5. Chungcheongbuk-do
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Salah satu hal terbaik bepergian ke luar negeri adalah kesempatan untuk merasakan budaya unik lain secara langsung. Dalam hal itu, Jecheon dan Cheongju yang terletak di Chungcheongbuk-do menjadi tempat yang sempurna untuk merasakan budaya Korea yang unik. Tur Jecheon sangat dianjurkan bagi mereka yang tertarik dengan pengobatan dan kesehatan oriental Korea. Jecheon dianggap sebagai salah satu kota terbaik untuk pengobatan oriental di Korea. Kota ini memiliki salah satu dari tiga Pasar Yangnyeong utama dari dinasti Chosun. Perawatan medis Korea akan menyembuhkan pikiran dan tubuh para pengunjung dengan menggunakan herbal pilihan dari pegunungan dan merawat pasien berdasarkan aliran energi dan kondisi fisik mereka.

Ada pusat-pusat pengalaman untuk terapi teh herbal Korea, membuat kosmetik pengobatan Korea. Ada Danau Cheongpungho yang dianggap sebagai lautan pedalaman. Para pengunjung dapat naik ke kapal pesiar dan menjadi satu dengan angin sejuk dan ombak danau Cheongpungho, atau mereka dapat naik monorel dan naik ke puncak Bibong Mountain untuk menikmati pemandangan danau.

Apabila Anda tertarik dengan politik, Cheongju adalah kota yang dapat memuaskan keingintahuan Anda di panggung politik Korea tentang demokrasi Korea, presiden Korea masa lalu, dan banyak lagi. Wisatawan dapat mengunjungi Cheongnamdae Presidential Villa di mana digunakan sebagai rumah liburan bagi presiden Korea selama 20 tahun terakhir.

Di sana Anda dapat berjalan-jalan dan beristirahat di tempat yang sama dengan presiden Korea sebelumnya. Juga sangat dianjurkan untuk mengunjungi Mata Air Mineral Chojeong, yang terkenal dengan air mineral yang merupakan salah satu dari 3 teratas di dunia dalam kualitas.

6. Gyeongsangnam-do
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Gyeongsangnam merupakan pulau romantis. Karena Korea adalah semenanjung yang dikelilingi oleh lautan di tiga sisi daratan, Korea menawarkan berbagai pemandangan pantai. Terutama, pemandangan laut di Tongyeong yang terletak di Namhae, Laut Selatan Korea ini memamerkan keindahan yang tidak dapat dibandingkan dengan lautan lainnya. Hallyeosudo yang dimulai dari Pulau Hansando ke Yeosu mewakili 360 pulau yang terletak di sepanjang lautan, berbaris bagaikan permata di samudra biru. Pulau-pulau yang berada di permukaan laut yang tenang ini menambah keindahan dan kekaguman lanskap.

Saat cuaca berkabut, pemandangan Hallyeosudo yang menghadap dari kereta gantung akan memberi ilusi sedang memandangi negeri ajaib. Jika Anda bepergian dengan pasangan, Pulau Jangsado harus dikunjungi. Ada Camellia Tunnel yang terkenal, di mana banyak drama Korea populer difilmkan. Terowongan ini menjadi lokasi utama untuk drama My Love from the Star, saat karakter laki-laki utama Do Min-joon (Kim Soo-hyun) melamar Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun). Juga, drama Korea populer lainnya dengan aktor utama Kim Woo-bin dan Suzy, The Uncontrollable Lovebirds dibuat di Pulau Goejedo yang terletak di seberang Tongyeong, pulau terbesar kedua di Korea.

Tempat ini juga merupakan pusat industri pembuatan kapal Korea dan menawarkan banyak tempat wisata. Wisatawan juga wajib mengunjungi Windy Hill di Goeje dan dapat mengambil foto yang indah dengan pemandangan eksotis di sekitar. Di kapal pesiar, wisatawan juga dapat melihat-lihat Sungai Haegeumgang yang menawarkan salah satu pemandangan terbaik di Pulau Geojedo dan menikmati surga yang indah.

7. Jeollanam-do
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Laut malam di Yeosu dikenal sebagai salah satu tempat paling romantis dan indah bagi orang Korea. Tempat tersebut sering disebut dalam lirik lagu Korea sebagai tempat untuk kekasih. Ketenangan lautan yang dipadukan dengan lampu-lampu indah yang menyinari permukaan lautan menciptakan suasana romantis. Jika laut malam Yeosu dianggap romantis, kota pada siang hari terasa glamor. Kota ini menawarkan variasi. Seperti Big-O, menyajikan pertunjukan air mancur yang menakjubkan di depan laut Yeosu.

Di salah satu akuarium terbesar, Aqua Planet, wisatawan dapat menemukan semua jenis makhluk hidup yang ada di bawah air. Suncheonman Bay Wetland Reserve menyediakan salah satu pemandangan indah dari matahari terbenam yang memikat dan alang-alang tinggi yang mengisi lahan basah ajaib. Taman Nasional Teluk Suncheon tempat berkumpulnya semua taman dari berbagai negara di dunia, menjadi tempat yang sempurna untuk menyaksikan koeksistensi yang harmonis antara manusia dan alam.

8. Jeollabuk-do
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Jeollabuk-do terkenal dengan makanannya. Sepertiga dari lokasi ini terdiri dari dataran yang memiliki kondisi terbaik untuk menanam padi dan jenis tanaman lainnya. Berkat karakteristik ini, wilayah ini telah mengembangkan berbagai jenis metode dan resep memasak. Jeonju menjadi salah satu tujuan paling populer untuk gourmets. Di Pasar Tradisional Jeonju Nambu, pengunjung dapat menemukan produk pertanian dan bahan makanan berkualitas tinggi dan merupakan pusat di mana pengunjung dapat menemukan semua restoran lokal terbaik untuk Jeonju Bibimbap dan Jeonju Kongnamul Gukbap yang terkenal. Salah satu tempat wisata terbaik di Jeonju adalah Jeonju Hanjeongsik yang merupakan hidangan lengkap Korea, penuh dengan hidangan Korea yang lezat.

Pengunjung juga bisa menikmati anggur beras tradisional Korea, Makgeolli dan bermacam-macam makanan Korea yang enak atau Anju. Gunsan dan Buan juga merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi karena terletak dekat dengan Jeonju. Kedua kota ini terkenal dengan hidangan makanan laut segar yang karena letak geografisnya dekat dengan pantai barat. Jika Anda ingin lebih dari sekadar makan, cobalah memasak makanan Korea. Kelas memasak makanan Korea di Jeonju menawarkan pengalaman untuk mengambil bahan-bahan Korea di pasar lokal dan memasak makanan Korea bersama mereka.

9. Daegu
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Daegu, kota representatif dari wilayah Yeongnam (bagian tenggara Korea) menjadi tempat yang sempurna bagi para wisatawan yang ingin memiliki pengalaman yang luas mulai dari mengunjungi situs wisata yang menarik, pengalaman budaya hingga berbelanja sekaligus. Daegu merupakan kota besar dengan populasi 2,5 juta. Meskipun jarak antara Seoul dan Daegu adalah 300 km dan 120 km dengan Busan, pengembangan transportasi membuat Daegu menjadi titik pusat dalam hal transportasi ke kota-kota lain. Sebagai cekungan, iklim cenderung pada suhu tinggi. Kota ini menawarkan banyak warisan sejarah.

Karena kota ini terkenal dengan industri kain dan fashionnya, kota ini menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati berbelanja di berbagai toko di pusat perbelanjaan, toko jalanan, dan toko merek. Ada juga pasar malam terbesar di Korea, Pasar Seomun. Para pengunjung akan dapat merasakan semua makanan jalanan di sana dan menikmati energi pasar malam dan suasana pesta. Meskipun Daegu adalah salah satu kota terbesar di Korea, keunikan kota ini adalah memiliki alam yang indah. Wisatawan dapat naik kereta gantung untuk menikmati pemandangan menakjubkan di puncak Gunung Palgongsan atau dapat mengunjungi Desa Mural Mabijeong di mana wisatawan dapat menikmati bagian dari alam.

10. Busan
10 Destinasi Wisata Glokalisasi Menarik di Korea

Busan merupakan kota yang penuh gairah, romansa dan keindahan. Pelabuhannya tidak pernah tidur dan ada ribuan perdagangan terjadi sepanjang hari dan sepanjang malam. Pada malam hari, kota ini diterangi dengan semua lampu dari bar yang menyala sepanjang malam sampai pagi. Salah satu festival film Asian terbesar, Busan International Film Festival berlangsung di Busan setiap tahun dan, kota ini dipenuhi dengan festival kecil dan besar serta acara yang berlangsung sepanjang tahun.

Di musim panas, pantai dipenuhi oleh lebih dari 10 juta pengunjung untuk menikmati liburan dan semua restoran lokal sibuk dengan orang-orang yang ingin menjelajahi hidangan lokal yang populer. Hal lain tentang Busan adalah, kota dengan teknologi dan layanan medis canggih. dan terkenal dengan wisata medis. Di Seomyeon Medical Street misalnya, Anda akan menemukan sekitar 200 rumah sakit dalam radius 1 km mulai dari dermatologi, operasi plastik hingga orphthalmology. Ada juga dokter gigi, dan klinik pengobatan herbal oriental di mana Anda bisa mendapatkan layanan medis sambil menikmati liburan.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7489 seconds (0.1#10.140)