4 Ikan Laut yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Cara Aman Mengonsumsinya

Jum'at, 31 Mei 2024 - 11:00 WIB
loading...
4 Ikan Laut yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Cara Aman Mengonsumsinya
Ada beberapa ikan laut yang boleh dimakan penderita asam urat. Pada dasarnya, penderita asam urat perlu berhati-hati dalam memilih jenis ikan yang dikonsumsi. Foto/Scottish Pelagic Fishermens Association
A A A
JAKARTA - Ada beberapa ikan laut yang boleh dimakan penderita asam urat. Pada dasarnya, penderita asam urat perlu berhati-hati dalam memilih jenis ikan yang dikonsumsi karena beberapa ikan laut mengandung purin yang tinggi.

Pasalnya meski terasa enak, kandungan tersebut tanpa disadari dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah. Dengan memperhatikan jenis dan jumlah konsumsi ikan, penderita asam urat masih bisa menikmati ikan laut tanpa memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan dari pemecahan purin, yaitu zat yang ditemukan secara alami dalam beberapa makanan dan minuman. Normalnya, asam urat larut dalam darah, melewati ginjal, dan diekskresikan melalui urin.

Ikan Laut yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Cara Aman Mengonsumsinya



Berikut adalah beberapa jenis ikan laut yang umumnya boleh dan dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat dalam jumlah terbatas dilansir dari Times of India, Jumat (31/5/2024).



1. Ikan Salmon


Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki efek anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan asam urat. Kandungan purin dalam salmon juga relatif lebih rendah dibandingkan dengan jenis ikan lainnya.

2. Ikan Tuna


Tuna kaleng, terutama dalam air, memiliki kadar purin yang lebih rendah dibandingkan tuna segar. Namun, konsumsi tuna tetap harus dibatasi karena kandungan purinnya masih cukup signifikan.

3. Ikan Kod


Ikan kod memiliki kadar purin yang lebih rendah dibandingkan dengan banyak ikan lainnya. Hal ini menjadikannya pilihan yang lebih aman untuk penderita asam urat.

4. Ikan Herring


Meskipun herring mengandung purin, jumlahnya lebih rendah daripada beberapa ikan lain seperti sarden atau mackerel. Sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas untuk menghindari peningkatan kadar asam urat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)
pixels