alexametrics

Sosok Halima Aden, Pembuktian Eksistensi Model Berhijab

loading...
Sosok Halima Aden, Pembuktian Eksistensi Model Berhijab
Sosok Halima Aden, Pembuktian Eksistensi Model Berhijab
A+ A-
HALIMA Aden adalah model muda yang kini tengah naik daun. Meskipun berhijab, namun dia justru dapat menunjukkan eksistensinya dan berhasil menampilkan diversifikasi dalam industri pemodelan. Perempuan yang akrab disapa Aden ini lahir pada 19 September 1997. Siapa sangka bahwa model cantik berhijab ini lahir di kamp pengungsian di Kenya.

Saat usianya enam tahun, dia pindah ke Amerika Serikat untuk mendapat kehidupan yang lebih layak dan menetap di St Cloud, Minnesota. “Saat ini saya juga tengah mengenyam pendidikan di St Cloud State University, Minnesota,” ujar Aden, seperti dilansir Vogue.com. Lahir dalam keluarga yang memiliki beragam budaya membuat perempuan berdarah Somalia-Amerika ini berkeinginan untuk berbagi hal positif kepada masyarakat melalui karier modelingnya.

Pada tahun 2016 dia pun berkompetisi dalam kontes Miss Minnesota USA . Dia menjadi model pertama yang mengenakan hijab di ajang tersebut. Nah yang paling menginspirasi, pada saat semua kontestan memakai bikini dalam sesi pakaian renang, Halima Aden memilih Untuk memakai burkini atau pakaian renang tertutup. Dia bersaing dengan 44 kontestan lainnya untuk mewakili Minnesota di ajang Miss USA 2017.



Meskipun hanya sampai posisi 15 besar dan tidak memenangi ajang tersebut, Aden berhasil menunjukkan eksisitensinya sebagai perempuan berhijab. Menurut Miss Universe Organization, ini adalah sebuah langkah yang oleh beberapa analis dianggap sebagai langkah menuju diversifikasi dalam industri pemodelan. Kagum dengan kisah Aden, agensi model ternama IMG Models mengontrak Aden menjadi model.

Aden pun memiliki kontrak tiga tahun dengan perpanjangan. IMG Models adalah agensi model ternama yang juga menaungi model papan atas seperti Gigi Hadid, Hailey Baldwin, Karlie Kloss, Taylor Hill, hingga Joan Smalls. “Saya menandatangani kontrak dengan agensi model terbaik di dunia dan tetap menggunakan hijab sebagai mahkota saya. Jangan pernah mengubah diri Anda, ubahlah cara bermain Anda,” katanya, dalam akun Instagram- nya@halima .

Aden pun semakin populer setelah menjadi salah satu model yang tampil memakai koleksi dari Yeezy, linifashion milikrapper Kanye West, pada fashion show yang digelar di 59 Pier Studios, New York. Ini sekaligus menjadi debut pertama Aden sebagai model runway di ajang New York Fashion Week 2017 Gigi Hadid yang bergabung dengan IMG Models, dengan cepat menyambutnya sebagai model pendatang baru dan anggota dari IMG Models.

Tidak lama setelah CR Fashion Book Cover Aden rilis, Gigi Hadid membagikan foto di Instagram-nya dan memberikan caption “HALIMA #CR10Paris Dalam foto sampul tersebut, Aden tampil memukau meski dengan blus lengan panjang warna navy yang dilapisi bustier kulit hitam dari Louis Vuitton. Ia memakai hijab navy beraksen floral dengan cat kuku warna marun yang cantik.

“Selain tampil di CR Fashion Book Cover, saya juga tampil di sampul Allure, American Eagle, dan British Glamour,” sebut Aden. Selain tampil di peragaan busana Yeezy dan menjadi model di cover sejumlah majalah, Aden menjadi model di peragaan busana banyak desainer, termasuk Maxmara dan Alberta Ferretti. Dia juga berpartisipasi dalam Milan Fashion Week 2016 dan London Modest Fashion Week.

Setelah kemunculannya di Milan Fashion Week, banyak brand kenamaan dunia seperti Gucci dan Dior yang menampilkan model berhijab di peragaan busana. Tak lama kemudian Aden menjadi model berhijab pertama di majalah Vogue Arabia. Wajah cantiknya juga tampil di sampul majalah Vogue British edisi April 2018. Sampul majalah itu kali ini memang spesial. Bukan satu dua model yang tampil, melainkan sembilan model sekaligus.

Editor in chief Vogue British Edward Enninful memilih langsung sembilan model yang mewakili keberagaman perempuan yang ada. “Para model tersebut adalah Halima Aden, Adut Akech, Radhika Nair, Yoon Young Bae, Faretta, Fran Summers, Vittoria Ceretti, Paloma Elsesser, dan Selena Forrest,” ujar Enninful.

Melalui akun Instagram-nya, Aden mengungkapkan antusiasmenya bisa terpilih menjadi salah satu model di sampul Vogue British ini. Dia dan model lainnya tampil kompak dalam balutan busana bernuansa hijau. “Luar biasa sekali rasanya bisa jadi tampil di sampul majalah @britishvogue ,” tulis Aden.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak