5 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal, Sarden Tinggi Purin

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:20 WIB
loading...
A A A


3. Bit


Bit adalah sayuran akar yang penuh dengan nutrisi seperti folat, mangan, dan serat. Sayangnya, bit juga kaya akan oksalat. Terlalu banyak konsumsi bit dapat meningkatkan kadar oksalat dalam tubuh dan memicu pembentukan batu ginjal.

Mengonsumsi bit dalam jumlah moderat dan memadukannya dengan sayuran rendah oksalat dapat membantu mengurangi risiko ini.

4. Ikan Sarden


Ikan sarden merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, ikan sarden juga tinggi purin, senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Kadar asam urat yang tinggi dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal asam urat. Bagi mereka yang memiliki riwayat asam urat atau batu ginjal, sebaiknya membatasi konsumsi ikan sarden dan memilih ikan dengan kadar purin lebih rendah seperti ikan salmon.



5. Ubi Jalar


Ubi jalar adalah sumber karbohidrat kompleks, serat, dan berbagai vitamin. Namun, ubi jalar juga mengandung oksalat dalam jumlah yang cukup tinggi. Konsumsi ubi jalar yang berlebihan dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Mengonsumsi ubi jalar dalam porsi yang wajar dan memadukannya dengan sayuran rendah oksalat bisa menjadi cara untuk tetap menikmati manfaatnya tanpa menambah risiko kesehatan ginjal.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)