Perbedaan Antara Ekstrovert, Introvert, dan Ambivert

Sabtu, 20 April 2019 - 12:30 WIB
Perbedaan Antara Ekstrovert, Introvert, dan Ambivert
Perbedaan Antara Ekstrovert, Introvert, dan Ambivert
A A A
Extrovert
Istilah ini dipopulerkan oleh Carl Gustav Jung. Kepribadian extrovert biasanya mencari orientasi melalui orang lain. Mereka lebih suka menghabiskan waktu dengan cara bersosialisasi dengan orang lain. Kebanyakan orang extrovert menyukai tempat-tempat yang ramai untuk menghabiskan waktu bersama temantemannya. Beberapa tempat dan kegiatan yang disukai orang berkepribadian extrovert antara lain menonton konser, datang ke bar, atau mungkin bersenang-senang di wahana hiburan seperti Dufan.

Introvert
Introvert bukan sekadar tentang perilaku, tetapi cara seseorang mendapatkan orientasi hidup melalui dirinya sendiri. Jadi, orang berkepribadian introvert biasanya menghabiskan waktu dengan cara melakukan aktivitas mental, seperti menulis, menggambar, berefleksi, dan sebagainya. Ada beberapa tempat yang disukai orang-orang berkepribadian introvert , yaitu taman kota yang sepi, pantai yang tidak terlalu ramai pengunjung, mendaki gunung, museum, atau yang paling gampang perpustakaan.

Ambievert
Ambievert adalah kombinasi dari kepribadian introvert dan extrovert. Jadi, seseorang yang memiliki kepribadian ambievert ini lebih fleksibel sesuai kemauannya. Ketika ia ingin menyendiri, ia akan memilih aktivitas seperti yang introvert lakukan. Ketika ia sedang ingin bersosialisasi, ia akan melakukan aktivitas seperti yang extrovert biasa lakukan.

SYANE RAPHAELI IRAWAN
GEN SINDO-Universitas Negeri Jakarta
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4997 seconds (0.1#10.140)