3 Saus Tomat Alami yang Bisa Dibuat Sendiri

Selasa, 23 April 2019 - 16:09 WIB
3 Saus Tomat Alami yang Bisa Dibuat Sendiri
3 Saus Tomat Alami yang Bisa Dibuat Sendiri
A A A
JAKARTA - Saus tomat adalah salah satu bumbu yang ditemukan di mana-mana. Beberapa orang sangat menyukai rasanya sehingga mereka tidak bisa makan tanpa itu. Baik disantap dengan roti, pizza atau mi. Dan tidak lagi mengejutkan bahwa beberapa anak dapat makan apa saja, termasuk menikmati makanan yang mereka benci jika mereka diberi pilihan untuk menambahkan saus tomat dalam makanan itu.

Tetapi bagian yang menyedihkan dan mengkhawatirkan adalah sebagian besar saus tomat yang dibeli tidak sehat karena mengandung terlalu banyak garam, gula, dan lemak tak sehat. Selain itu, memiliki warna buatan, tambahan rasa dan banyak pengawet yang membuat saus tomat menjadi makanan yang benar-benar tidak layak dan tidak sehat, terutama untuk anak-anak.

Namun, Anda tak perlu khawatir mengatasi hal itu. Pasalnya, ada 3 alternatif yang lebih enak dan lebih sehat , yakni membuat sendiri saus tomat. Berikut ulasannya seperti dilansir Times Of India.

1.Salsa tomat
Salsa tomat adalah saus Meksiko yang disukai banyak orang di seluruh dunia. Menariknya, Anda bisa membuatnya di rumah dengan mudah dan menyimpannya dalam waktu yang lama. Saus ini dapat dikonsumsi dengan makanan favorit Anda, seperti keripik, pakora dan banyak lagi. Anda dapat membuatnya di rumah dengan menggunakan sayuran sederhana dan mudah tersedia.

Cara membuatnya; Panggang tomat dan giling dengan baik. Tambahkan bawang bombai cincang halus, paprika, cabai, bawang putih, garam dan lada hitam ke dalamnya. Salsa tomat siap disantap. (Baca juga: Gejala Penyakit Jantung Mirip dengan Maag ).

2. Saus tomat
Mempersiapkan saus tomat panas lebih mudah daripada yang dikira. Anda bisa menyiapkannya menggunakan tomat matang, bawang putih, garam, gula, dan cuka. Anda bisa menambahkan sedikit garam masala ke dalamnya untuk menambah rasa. Ini adalah salah satu alternatif terdekat dan lebih sehat daripada saus tomat yang tidak sehat.

3. Chutney Tomat
Mempersiapkan chutney tomat di rumah bisa cepat dan mudah. Masak tomat dengan sejumlah rempah-rempah, termasuk daun kari, biji mustard, cabai, jahe dan bawang putih. Rasa chutney ternyata tajam dan unik.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3534 seconds (0.1#10.140)