alexametrics

Tips Bikin Bubur Singkong Gula Merah untuk Cemilan Anak

loading...
Tips Bikin Bubur Singkong Gula Merah untuk Cemilan Anak
Bubur Singkong Gula Merah bisa menjadi pilihan untuk cemilan anak. Menu ini bisa dibuat selagi libur akhir pekan. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Banyak orang hanya menikmati bubur ayam atau kacang hijau. Pasalnya kudapan yang satu ini mudah didapat. Namun, untuk menambah cita rasa kuliner, Anda bisa merasakan sensasi Bubur Singkong Gula Merah.

Rasanya yang manis dan asin dari gula merah dan santan ini bisa menjadi pilihan untuk cemilan anak di saat libur akhir pekan ini. Untuk membuatnya pun mudah. Tertarik mengolah cemilan yang satu ini? Berikut resepnya seperti dikutip akun Instagram @mrs.wijaya. (Baca juga: Walt Disney World Rilis Panduan Makanan bagi Vegetarian).

Bahan-bahan:
500 gr singkong parut
200-250 gr gula merah, rebus dengan air secukupnya lalu saring
700 ml santan sedang
3 lbr daun pandan simpul



Bahan kuah santan:
500 ml santan kental
2 lbr daun pandan simpul
1 sdt garam atau lebih
2 sdt gula pasir
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 2 sdm air atau santan

Cara membuat:
Dalam panci, didihkan santan sedang bersama gula merah cair dan daun pandan, koreksi rasa. Kecilkan api lalu masukkan parutan singkong sambil diaduk terus hingga mengental atau matang. Matikan.

Dipanci yang lain didihkan semua bahan kuah santan sambil diaduk agar santan tidak pecah. Menjelang diangkat, baru masukkan tepung maizena. Aduk rata sebentar. Matikan api. Taruh bubur dalam mangkok dan siram kuah santan diatasnya. Bubur singkong gula merah siap dihidangkan.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak