Kontribusi pada Pelestarian Cagar Budaya Kota Solo melalui Kegiatan Pengecatan Pura Mangkunegaran

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:40 WIB
loading...
Kontribusi pada Pelestarian Cagar Budaya Kota Solo melalui Kegiatan Pengecatan Pura Mangkunegaran
Nippon Paint Indonesia melakukan pengecatan pada bangunan di halaman pertama Pura Mangkunegaran Solo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pura Mangkunegaran merupakan Istana Resmi Kadipaten Mangkunegaran sekaligus tempat kediaman para Adipati Mangkunegaran. Istana yang berdiri megah di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, ini digunakan oleh Kadipaten Mangkunegaran sejak ditandatanganinya Perjanjian Salatiga pada 17 Maret 1757 di bawah kepemimpinan KGPAA Mangkoenagoro I alias Pangeran Sambernyawa atau Raden Mas Said.

Selain sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang menyimpan kekayaaan tradisi dan sejarah Nusantara, Pura Mangkunegaran telah bertransformasi menjadi wisata budaya di Indonesia. Hal ini mengacu rilisan Badan Pusat Statistik (BPS) Solo dalam publikasi Indikator Ekonomi Kota Surakarta 2022 bahwa Pura Mangkunegaran menjadi salah satu objek wisata yang paling diminati oleh wisatawan asing di Kota Solo.

Tentu hal tersebut menjadi perhatian Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X.

“Pura Mangkunegaran sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa yang terletak di Kota Surakarta saat ini sangat terbuka terhadap kerja sama pemajuan kebudayaan, baik adat istiadat dan tradisi maupun kontemporer. Tingginya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat kepada Mangkunegaran dan juga bukti tingginya minat masyarakat luas pada kebudayaan Nusantara," kata KGPAA Mangkoenagoro X.

Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia Marsellino Najoan menjelaskan, pesan KGPAA Mangkoenagoro X tersebut telah mendorong pihaknya untuk turut melestarikan Pura Mangkunegaran, yang selaras dengan program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives sejak tahun 2016.

“Nippon Paint Indonesia tetap menyadari betapa penting turut berkontribusi terhadap pelestarian cagar budaya tradisional. Ini pertama kali bagi Nippon Paint melakukan CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives pada bangunan Cagar Budaya, yakni Pura Mangkunegaran. Sebab, Pura Mangkunegaran merupakan salah satu Kerajaan Mataram Islam dan memiliki arsitektur akulturasi budaya Jawa dan Eropa,” ungkap Marsellino.

Pura Mangkunegaran memiliki luas mencapai 9,3 hektar dan terdiri dari beberapa area. Di antaranya Pamedan (halaman utama), Pendapa Ageng, dan area tempat tinggal keluarga Mangkunegaran. Saat ini, Pamedan Mangkunegaran juga merupakan salah satu lokasi yang sering digunakan untuk pelaksanaan event di Kota Surakarta. Selain itu, terdapat pula Pendapa Ageng yang merupakan salah satu pendapa terbesar di Indonesia.

Melihat luasan area kompleks bangunan Pura Mangkunegaran, Nippon Paint Indonesia melakukan pengecatan pada bangunan di halaman pertama, yakni Area Pariwisata Mangkunegaran. Luasan area yang dicat mencapai 2.682 meter persegi dan menggunakan 1.273 liter cat Weatherbond Max dengan kode warna 1001 Brilliant White dan 144 Black untuk memperindah tampilan gagahnya bangunan Mangkunegaran.

"Menariknya, kedua warna tersebut memiliki makna mendalam. Seperti warna hitam mengingatkan untuk berpuasa dan mendekatkan diri pada Sang Khalik dan putih untuk menyucikan pikiran dari hal-hal negatif,” sebut Marsellino.

Cat Weatherbond Max sendiri merupakan produk cat eksterior kelas premium terbaik di kelasnya dengan keunggulan daya tutup terbaik, warna paling cerah dan hidup, hasil akhir yang halus, minim cipratan, tahan kotoran dan debu, serta memiliki perlindungan lebih dari 8 tahun.

Adapun serangkaian kegiatan Warnai Kehidupan yang dilakukan Nippon Paint Indonesia merupakan bagian dari program Nippon Paint Global: #ColouringLives yang saat ini berfokus pada 5 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Yaitu Kehidupan Sehat & Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi, Mengurangi Kesenjangan, hingga Penataan Kota dan Permukiman Ramah Lingkungan.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)
pixels