Pakai Talenan Plastik Bisa Menyebabkan Kanker, Sebaiknya Gunakan yang Kayu

Jum'at, 28 Juni 2024 - 08:20 WIB
loading...
A A A
"Kalau kata UN, mikroplastik ini bikin kenaikan berat badan, penurunan kesehatan reproduksi, kanker dan masih banyak lagi. Pastinya penelitian mikroplastik ini masih digali lebih dalam," lanjutnya.

Di sisi lain, permukaan talenan plastik yang tergores dapat menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Meskipun ini tidak langsung berhubungan dengan kanker, infeksi bakteri dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Penggunaan talenan yang bersih dan perawatan yang baik sangat penting untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Bagaimana Cara Meminimalisir Risiko dari Talenan Plastik?



Meskipun talenan plastik praktis dan murah, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir risikonya:

1. Gunakan talenan kayu sebagai gantinya. Talenan kayu lebih aman dan tahan lama. Pastikan untuk memilih talenan kayu yang terbuat dari kayu keras seperti bambu atau maple.

2. Jika tetap menggunakan talenan plastik, pilihlah yang berkualitas tinggi dan bebas BPA. Pastikan talenan plastik Anda masih dalam kondisi baik dan tidak memiliki goresan dalam.

3. Ganti talenan plastik Anda secara teratur. Sebaiknya ganti talenan plastik Anda setiap 1-2 tahun sekali, atau lebih sering jika talenan sudah retak, aus, atau memiliki banyak goresan.

4. Cuci talenan Anda dengan sabun dan air panas setelah setiap digunakan. Pastikan untuk mengeringkan talenan Anda dengan benar untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

5. Pisahkan talenan untuk daging mentah dan bahan makanan lainnya. Hal ini untuk mencegah kontaminasi silang bakteri.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0834 seconds (0.1#10.140)
pixels