Menu Pilihan Buka Puasa: Lodeh Pepaya Cabe Potong

Sabtu, 18 Mei 2019 - 07:30 WIB
Menu Pilihan Buka Puasa: Lodeh Pepaya Cabe Potong
Menu Pilihan Buka Puasa: Lodeh Pepaya Cabe Potong
A A A
JAKARTA - Lodeh Pepaya Cabe Potong bisa menjadi pilihan untuk mereka yang bosan dengan menu yang itu-itu saja. Sayur Lodeh Pepaya Cabe Potong memberi cita rasa gurih pedas yang membuat lidah memiliki cita rasa berbeda. Tak heran jika menu yang satu ini cocok untuk hidangan saat berbuka puasa.

Penasaran? Rudy Choirudin berbagi resep dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB dan program Rudy dan Sahabat yang ditayangkan RCTI setiap Minggu pukul 07.30 WIB. Berikut cara membuatnya. (Baca juga: Cara Membuat Semur Telur Puyuh yang Praktis dan Antirepot ).

Bahan 1:
250 g pepaya muda, dipotong batang korek api
100 g buncis, rajang serong panjang
5 buah cabe merah, potong bulat 1 cm
5 buah cabe hijau, potong bulat 1 cm

Bahan 2: (dirajang)
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Bahan 3:
6 sdm minyak goreng
750 ml / 3 gelas santan encer
1 saset Desaku Bubuk Lodeh
1½ sdt garam
1 sdm gula pasir
250 ml/ 1 gelas santan kental

Cara Membuat:
Rajang bahan 2. Kemudian tumis bawang putih hingga kekuningan dengan 6 sdm minyak goreng. Masukkan bawang merah, tumis kembali hingga harum dan mulai kekuningan. Larutkan Desaku Bubuk Lodeh dengan santan encer, aduk hingga rata.

Tuang bumbu ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang. Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Masukkan pepaya dan buncis, aduk rata hingga cukup matangnya.

Masukkan cabe merah dan cabe hijau, masak hingga aroma langunya hilang. Setelah bahan mulai matang dan menyerap bumbu, masukkan santan kental lalu aduk hingga santan mulai mendidih. Angkat lodeh, sajikan selagi panas.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0746 seconds (0.1#10.140)