alexametrics

5 Resep Obat Kumur Terbaik, Bisa untuk Menjaga Bau Mulut Selama Puasa

loading...
5 Resep Obat Kumur Terbaik, Bisa untuk Menjaga Bau Mulut Selama Puasa
Menjaga kesehatan mulut sangat penting, terlebih di Ramadhan ini. Pasalnya, kurang menjaga kesehatan bisa menimbulkan bau mulut dan sakit gigi. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Menjaga kebersihan mulut sangat penting dilakukan. Tentu tujuannya agar mulut tetap sehat. Jika gagal merawat mulut, hal ini dapat menyebabkan masalah gigi, seperti bau mulut, gigi berlubang, plak, dan lainnya.

Menyikat gigi saja ternyata tidak cukup dan tidak akan membantu menjaga gigi tetap aman. Flossing dan obat kumur sama pentingnya.

Obat kumur tidak hanya menyegarkan nafas, juga mencegah gigi berlubang. Obat ini juga bisa diaplikasikan selama Anda menjalani ibadah puasa. Yang menarik, Anda bisa membuatnya di rumah dengan menggunakan produk alami. Seperti dilansir Times Of India, berikut beberapa jenis obat kumur buatan rumah.



1. Baking soda
Bahan: 1/2 sendok teh soda kue dan 1/2 gelas air hangat
Caranya; Tambahkan baking soda ke setengah gelas air hangat. Campur dengan baik dan bilas mulut Anda dengan larutan ini setelah menyikat gigi.
Manfaat: bahan alami ini sangat baik untuk menghilangkan bau mulut dan bakteri mulut. Ini bersifat basa dan dapat meningkatkan tingkat pH saliva.

2. Minyak kelapa
Bahan: 1 sendok teh minyak kelapa murni

Caranya: Masukkan minyak ke dalam mulut dan desir 10-15 kali. Keluarkan minyak dan bilas mulut dengan air.

Manfaat: Proses ini dikenal sebagai penarikan minyak. Minyak kelapa tidak hanya obat kumur yang baik, tetapi juga membantu mendetoksifikasi tubuh. Ini mengurangi pembentukan plak di mulut.
3. GaramBahan: 1/2 sendok teh garam meja dan 1/2 gelas air hangat (Baca juga: 4 Dampak Buruk Pemberian Gadget kepada Anak di Usia Dini).

Caranya: Tambahkan garam ke dalam air dan aduk hingga tercampur rata. Sekarang bilas mulut dengan campuran ini. Anda dapat melakukannya dengan mudah setelah makan.

Manfaat: Air asin sama efektifnya dengan obat kumur lainnya yang tersedia di pasar. Ini dapat membantu meminimalkan masalah gigi dan pembentukan plak.

4. Lidah buaya

Bahan: 1/2 cangkir jus lidah buaya, 1/2 cangkir air suling.

Caranya: Campurkan jus lidah buaya ke dalam air dan bilas mulut dengan larutan ini setiap kali Anda menyikat gigi.

Manfaat: ramuan ini membantu mengurangi perdarahan dan plak gingiva.

5. Kayu manis dan minyak cengkeh

Bahan: 1 gelas air suling, 10 tetes minyak kayu manis dan 10 tetes minyak cengkeh.

Caranya: Campur semua bahan menjadi satu dan siap digunakan. Campuran ini memiliki umur simpan yang panjang sehingga Anda bahkan dapat menyimpannya.

Manfaat: Minyak cengkeh dan kayu manis membantu menyegarkan nafas dan melawan gigi berlubang.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak