alexametrics

Segar-Pedas Pecak Gurame untuk Santap Berbuka Puasa

loading...
Segar-Pedas Pecak Gurame untuk Santap Berbuka Puasa
Mau menikmati masakan spesial saat berbuka puasa? Buat saja Pecak Gurame. Sensasi pedas yang menyegarkan membuat menu ini menggugah selera. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Ingin menyantap ikan saat berbuka atau sahur, tapi tidak ingin yang biasa saja? Nah, untuk mereka yang memiliki selera tinggi, bisa menikmati Pecak Gurame. Lembutnya daging gurame dibalut dengan segar dan pedasnya kuah pecak menjadi perpaduan yang pas.

Untuk membuatnya pun tidak sesulit yang dibayangkan. Pertama, marinasi ikan gurame dengan kunyit bubuk, bawang putih dan ketumbar bubuk serta garam, lada, perasan jeruk nipis, dan air. Untuk lengkapnya, berikut resep membuat Pecak Gurame seperti dikutip akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Goyang Lidah Saat Bersantap Sahur dengan Ayam Kalio).

Bahan-bahan:
2 ekor ikan gurame besar, sayat-sayat
1 ltr santan cair
2 buah jeruk limau
2 lbr daun salam
2 lbr daun jeruk
100 g kacang tanah goreng
2 sdm gula jawa, sisir
2 ruas lengkuas
2 btg serai, geprek
Garam
Gula
Lada
Minyak goreng



Bahan marinasi:
½ sdt kunyit bubuk
½ sdt bawang putih bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
Garam
Lada
2 buah jeruk nipis, peras
Air

Bahan kuah pecak:
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 ruas lengkuas
1 ruas jahe
5 btr kemiri
7 buah cabai merah keriting
8 buah cabai rawit merah
4 ruas kencur

Cara membuat:

Marinasi ikan gurame dengan kunyit bubuk, bawang putih dan ketumbar bubuk serta garam, lada, perasan jeruk nipis, dan air. Diamkan 10-15 menit. Goreng ikan gurame yang sudah dimarinasi selama 15 menit hingga kering. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, cabai rawit dan cabai merah keriting hingga bawang merah berubah sedikit transparan dan bawang putih agak kecokelatan. Angkat.

Haluskan bahan bumbu yang telah digoreng bersama garam dan gula. Tambahkan kencur. Haluskan kembali. Setelah semua halus, tambahkan kacang tanah yang sudah digoreng. Ulek hingga halus. Masukan santan ke pan ukuran besar, masukan serai, daun jeruk, daun salam, bumbu yang sudah dihaluskan,dan gula jawa. Aduk rata. Masak hingga sedikit asat dan aroma langunya hilang. Tambahkan garam. Aduk rata. Masak hingga menggolak. Sajikan ikan gurame yang telah digoreng dengan siraman kuah pecak.
(tdy)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak