alexametrics

Sop Kimlo yang Hangat Cocok untuk Makan Sahur, Ini Resepnya!

loading...
Sop Kimlo yang Hangat Cocok untuk Makan Sahur, Ini Resepnya!
Sop Kimlo yang hangat dan tentu saja kaya akan vitamin ini menjadi makanan yang cocok disantap saat sahur. Resepnya juga tak sulit. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Sahur memang paling pas menyantap makanan hangat. Sop Kimlo misalnya. Tak hanya dapat menghangatkan tubuh, makanan yang satu ini juga kaya akan vitamin berkat daging ayam, bakso udang, ikan, wortel hingga jamur kuping yang baik untuk tubuh.
Tertarik menikmati hidangan ini? Anda tak perlu membeli, buat saja di rumah. Berikut resepnya seperti dikutip akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Resep Membuat Cemilan Tahu Oti untuk Buka Puasa).

Bahan-bahan:
1 dada ayam rebus potong dadu
500 g ayam giling
2 ltr kaldu ayam
2 btg seledri
5 siung bawang putih
3 cm jahe
5 buah bakso udang atau ikan
1 buah wortel
50 g jamur kuping
50 g sedap malam, ikat
100 g soun, rebus, tiriskan
1 sdm kecap ikan
2 sdt kecap asin
1 sdt saus tiram
Garam
Lada

Cara membuat:
Rebus dada ayam hingga matang. Angkat dan tiriskan. Potong kotak-kotak. Sisihkan air rebusan. Potong-potong bakso, wortel, jamur kuping dan seledri sesuai selera. Geprek bawang putih dan potong jahe. Cincang kasar bawang putih. Campurkan ayam giling, sebagian jamur kuping, bengkuang, wortel, bawang goreng, sebagian soun, sebagian bawang putih, dan tepung sagu tani. Panaskan minyak, masukkan bawang putih dan jahe. Tumis hingga wangi. Angkat dan sisihkan.



Panaskan kaldu ayam. Masukkan seledri, tumisan bawang putih dan jahe, aduk rata. Cetak adonan ayam dengan sendok lalu tambahkan ayam, bakso dan wortel. Masak selama 10 menit atau hingga mendidih. Masukkan jamur kuping dan sedap malam ke dalam rebusan. Masak sebentar hingga agak layu. Dan masukan baso ayam. Kecilkan api lalu tambahkan kecap ikan, minyak wijen dan kecap asin. Aduk rata lalu bumbui dengan lada, garam dan gula sesuai selera. Sajikan selagi hangat.
(tdy)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak