5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Tampil Sempurna

Sabtu, 08 Juni 2019 - 10:30 WIB
5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Tampil Sempurna
5 Tips Merawat Kulit Berminyak Agar Tampil Sempurna
A A A
Kulit berminyak bisa menampilkan wajah yang bersinar. Di sisi lain, kulit jenis ini juga selalu mengecewakan. Kulit jenis ini termasuk salah satu yang membutuhkan perawatan ekstra. Jika tidak hati-hati, maka penampilan pun bisa kacau karenanya.

Kalau Anda punya kulit wajah yang berminyak dan kesulitan untuk merawatnya, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengurangi kekecewaan Anda pada penampilan kulit wajah Anda. Berikut sejumlah tips merawat wajah berminyak seperti dikutip dari TNN.

1. Pilih pembersih yang tepat

Carilah sabun pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit Anda. Idealnya, dibutuhkan pembersih wajah yang transparan dan tidak punya formula creamy. Carilahn pembersih wajah yang mengandung benzoyl peroxide, minyak tea tree dan salicylic acid. Bahan-bahan ini pas untuk kulit berminyak.

2. Hindari makeup berat
Hindarilah menggunakan produk makeup berat seperti foundation. Produk seperti ini bisa menyumbat pori kulit dan memproduksi minyak berlebih. Anda bisa mengganti foundation dengan tinted moisturizer atau BB cream dengan silikon yang membantu membentuk perlindungan terhadap kulit. Selain itu, gunakan produk berbasis bubuk, bukan produk cair.

3. Selalu lembapkan

Anda mungkin mengira melembapkan wajah berminyak hanya akan membuatnya menjadi lebih buruk. Namun, dengan melompati langkah penting ini, kulit Anda bisa memproduksi lebih banyak minyak ketika menjadi kering. Untuk menghindarinya, pastikan Anda menghidrasi kulit Anda. Carilah bahan seperti aloe vera, glycerine dan hyaluronic acid, hindari minyak kelapa, petroleum dan cocoa butter.

4. Gunakan toner
Kalau Anda tidak menggunakan toner kulit, maka Anda harus memperkenalkan langkah ini ke rutinitas perawatan kulit Anda. Toner membantu meregulasi level pH kulit. Gunakan toner bebas alkohol untuk menghilangkan penyumbat pori.

5. Cobalah kertas isap
Anda selalu bisa bergantung pada kertas isap ketika Anda bepergian. Kertas tipis ini bisa membantu menghilangkan kelebihan minyak di wajah Anda.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3929 seconds (0.1#10.140)