Gizi Buruk Bisa Menyebabkan Kualitas Tidur yang Buruk

Selasa, 11 Juni 2019 - 17:30 WIB
Gizi Buruk Bisa Menyebabkan Kualitas Tidur yang Buruk
Gizi Buruk Bisa Menyebabkan Kualitas Tidur yang Buruk
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa nutrisi yang buruk menyebabkan kurang tidur. Penelitian ini menyoroti sejumlah besar nutrisi dikaitkan dengan kurang tidur pada wanita dibandingkan pada pria. Namun, jumlah ini bisa dikurangi jika wanita mengonsumsi suplemen makanan.

"Penelitian ini menambah bukti yang semakin meningkat yang mengaitkan asupan nutrisi spesifik dengan hasil tidur. Temuan kami menunjukkan bahwa individu dengan durasi tidur pendek mungkin mendapat manfaat dari peningkatan asupan nutrisi ini melalui diet dan suplementasi," kata Chioma Ikonte selaku penulis utama studi tersebut seperti dilansir dari Times Now News.

Selain temuan pada durasi tidur, penelitian ini mengindikasikan nutrisi juga dapat berperan dalam gangguan tidur, kualitas tidur yang buruk dan kesulitan tidur. Zat gizi mikro merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh tetapi tidak diproduksi. Akibatnya, zat tersebut harus didapat dari makanan. Secara global, milyaran orang menderita setidaknya satu kekurangan mikronutrien.

Studi sebelumnya telah menunjukkan peran penting untuk nutrisi mikro dalam pertumbuhan dan perkembangan, pencegahan dan penyembuhan penyakit, dan fungsi tubuh yang normal, termasuk tidur. Magnesium, misalnya, membantu tubuh memproduksi melatonin dan senyawa lain yang terlibat dalam tidur. Beberapa penelitian menunjukkan seng berperan dalam pengaturan tidur.

"Apakah tidur durasi pendek kronis menyebabkan kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi menyebabkan tidur durasi pendek masih perlu penelitian. Sebuah studi klinis yang menyelidiki (dampak) suplementasi dengan nutrisi ini pada hasil tidur diperlukan untuk menunjukkan sebab dan akibat," papar Ikonte.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6106 seconds (0.1#10.140)