5 Tips Atasi Biduran yang Kambuh Gegara Udara Dingin

Senin, 08 Juli 2024 - 07:07 WIB
loading...
5 Tips Atasi Biduran...
Cuaca dingin tak jarang menyebabkan alergi kambuh. Alergi udara dingin biasa disebut biduran. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Hujan deras belum lama ini mengguyur sejumlah wilayah di Jabodetabek. Hal itu membuat cuaca menjadi lebih dingin dan lembab hingga tak jarang menyebabkan alergi kambuh.

Alergi udara dingin biasa disebut biduran. Biduran sendiri merupakan reaksi pada kulit yang menyebabkan ruam serta gatal yang diakibatkan cuaca dingin ditambah kondisi kulit yang kering. Kondisi ini tentu membuat tubuh tak nyaman hingga mengganggu aktivitas.

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi biduran ketika cuaca mendadak jadi dingin. Seperti apa? Yuk simak ulasannya, seperti dilansir dari laman Mayo Clinic, Senin (8/7/2024).


1. Kompres Air Dingin

Pertama ialah mengompres air dingin. Anda bisa mengompres kulit yang gatal dengan air dingin saat bentol mulai bermunculan. Biasanya, kulit yang gatal akan menciptakan ruam kemerahan dan membuat kulit jadi semakin kering.

Mengompres dengan air dingin bisa membantu meredakan gatal dan ruam saat alergi. Dengan mengompres menggunakan kain yang dicelupkan air dingin, ini dapat membantu menenangkan kulit dan mencegah garukan.

2. Mandi Air Dingin

Mandi air dingin juga disarankan ketika biduran kambuh. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan rasa gatal dan membuat kulit terasa nyaman. Gunakan sabun yang lembut non-SLS agar kulit tetap lembab sehingga mengurangi rasa gatal akibat alergi.

3. Gunakan Pakaian Katun

Menggunakan pakaian katun juga bisa menjadi langkah yang tepat bila alergi biduran kambuh. Pakaian katun yang longgar dan halus dapat membuat kulit lebih bisa bernapas dan terasa nyaman.

Hindari mengenakan pakaian yang kasar, ketat, atau terbuat dari wol. Pakaian tersebut dapat menambah iritasi pada kulit Anda.


4. Hindari Pemicu Alergi

Selain udara yang dingin, alergi atau rasa gatal ini bisa diperparah dengan berbagai pemicu lain. Beberapa faktor seperti makanan, obat-obatan, serbuk sari, bulu hewan peliharaan, lateks, dan sengatan serangga bisa menjadi pemicu alergi kambuh termasuk di musim hujan.

Untuk itu, hindari faktor-faktor di atas agar biduran tidak bertambah parah. Pastikan juga lingkungan dan ruangan bersih di musim hujan.

5. Konsumsi Obat Antigatal

Satu lagi tips mengatasi biduran ialah menggunakan obat antigatal yang dijual bebas. Beberapa di antaranya ada Antihistamin oral tanpa resep, seperti loratadine (Claritin), cetirizine (Zyrtec Allergy) atau diphenhydramine (Benadryl Allergy) yang dapat membantu meredakan gatal.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)