Buah Kecubung Mengandung Senyawa Beracun dan Bahaya Jika Dikonsumsi, Sebabkan Kematian

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:55 WIB
loading...
Buah Kecubung Mengandung...
Buah kecubung mengandung sejumlah senyawa kimia beracun. Senyawa tersebut memiliki efek psikotropika sehingga membuat orang yang mengonsumsinya menjadi berhalusinasi. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ramai sebuah berita belum lama ini yang melaporkan dua warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tewas setelah mengonsumsi buah kecubung. Warga tersebut mengonsumsi buah kecubung yang dioplos dengan obat-obatan dan alkohol.

Kasus tersebut membuat banyak orang jadi ingin tahu lebih jelas mengenai buah kecubung. Nah, kali ini SINDOnews bakal mengulas lebih jauh tentang kecubung dan bahayanya jika dikonsumsi.

Melansir laporan di website Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Kamis (11/7/2024), kecubung dikenal dengan nama tanaman Jimsonweed atau Thornapple. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Solanaceae.



Tanaman kecubung menghasilkan buah kecubung yang sering disalahartikan masyarakat untuk dikonsumsi. Buah ini memiliki bentuk menyerupai kapsul yang berduri.

Kandungan Buah Kecubung

Siapa sangka, di dalam buah kecubung terkandung sejumlah senyawa kimia beracun. Senyawa tersebut memiliki efek psikotropika sehingga membuat orang yang mengonsumsinya menjadi berhalusinasi.

Adapun beberapa senyawa di dalam buah kecubung yakni atropin, skopolamin, hiosiamin, alkaloid lain, dan glikosida. Senyawa lain yang ada pada buah kecubung juga dapat memberi efek toksik dan psikotropika dari tanaman ini.

Dampak Mengonsumsi Buah Kecubung bagi Kesehatan

Setelah mengetahui senyawa beracun yang ada di dalam tanaman kecubung, tentu buah tanaman ini tidak boleh dikonsumsi.

Seseorang yang mengonsumsi buah kecubung akan mengalami beberapa tanda seperti pupil yang melebar (midriasis), kulit kering dan panas, mulut kering, kesulitan berkemih, detak jantung yang meningkat, peningkatan suhu tubuh, dan gangguan penglihatan.

Berikut dampak kecubung bagi kesehatan.


1. Efek Beracun

Memiliki kandungan banyak senyawa berbahaya, konsumsi buah kecubung bisa menyebabkan seseorang keracunan. Bahkan kalau konsumsi dengan jumlah sedikit efeknya akan sama.

2. Kerusakan Saraf dan Efek Psikotropika

Ternyata dampak kesehatan pada buah kecubung tidak main-main. Kandungan senyawa tersebut bisa mempengaruhi sistem saraf pusat. Orang yang mengonsumsi kecubung dapat menyebabkan efek halusinasi, delirium, kebingungan, dan gangguan keseimbangan. Efek jangka panjangnya bisa merusak organ internal seperti hati, ginjal, dan sistem saraf.

3. Alami Gangguan Pernapasan

Ketika seseorang membakar tanaman kecubung, asapnya dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan mata, menyebabkan batuk, sesak napas, serta iritasi pada mata.

4. Kematian

Dan parahnya, konsumsi kecubung bisa menyebabkan kematian. Hal ini yang belum lama dialami oleh dua warga Kalimantan Selatan.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)