alexametrics

Pentaskan Untukmu Indonesiaku, IDCO Ingin Sampaikan Pesan Persatuan

loading...
Pentaskan Untukmu Indonesiaku, IDCO Ingin Sampaikan Pesan Persatuan
Indonesia Dance Company akan melakukan pementasan dengan mengangkat judul Untukmu Indonesiaku di Gedung Kesenian Jakarta pada 27-29 September 2019. / Foto: KoranSINDO/Thomas Manggalla
A+ A-
JAKARTA - Kelompok Indonesia Dance Company atau IDCO kembali akan melakukan pementasan tahun ini dengan mengangkat judul "Untukmu Indonesiaku" di Gedung Kesenian Jakarta di Cikini, Jakarta pada 27-29 September 2019.

Pentas tersebut dipersembahkan IDCO untuk persatuan dan terciptanya perdamaian serta kerukunan di Indonesia melalui budaya seni tari dan budaya yang beraneka macam di Indonesia.

Menariknya, pentas Untukmu Indonesiaku menampilkan 7 hingga 10 tarian berbalut musik dan koreografi. Ada tarian balet klasik, kontemporer hingga tradisional, di antaranya adalah tarian Malin Kundang asal Sumatera Barat dan tari Kalimantan khas suku Dayak.Meski dalam setiap pentas sebelumnya selalu menghadirkan balutan budaya seni tari tradisional Jawa, Bali, Betawi, namun kali ini terasa spesial karena dalam tiap koreografi tari yang ditampilkan memuat pesan yang kuat untuk persatuan dan kedamain di Indonesia.
"Tahun ini kami lebih mau mengedepankan sentuhan Indonesia dengan tarian daerah khas Indonesia. Tarian itu enggak cuma balet, tapi ada juga klasik, kontemporer sampai ke jazz dan tentu koreo tradisional Kalimantan Dayak tahun ini," ujar Direktur Artistik sekaligus pendiri IDCO, Claresta Alim saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta, Selasa (9/7).



Menurut Claresta, ragam jenis dan bentuk kesenian khususnya seni tari yang ada di Indonesia juga tak kalah hebat dengan milik luar negeri. "Namun sayangnya banyak generasi muda belum bisa menghargai malah tahu-tahunya lagu dari luar negeri terutama Korea Kpop, makanya kami kemas budaya Indonesia di tarian ini," paparnya.

Sejak berdiri 2016, IDCO sendiri sukses mementaskan pagelaran tari "We Dance". Setahun setelah kelahirannya, IDCO menggelar "Danceventure", dan "Its..... Showtime" merupakan pertunjukan terbarunya pada tahun lalu.

Setiap tahunnya di bulan September, sebagai tradisi, IDCO menyelenggarakan pementasan untuk unjuk gigi pada publik. "Sesuai visi kita, IDCO mau membawa nama Indonesia lebih besar lagi di dunia balet," katanya.

Untuk tahun ini, komposer Ananda Sukarlan akan terlibat dalam pegelaran "Untukmu Indonesiaku". Ananda Sukarlan terlibat dalam penggarapan musik di tarian Malin Kundang. Tarian yang terinspirasi dari cerita rakyat Malin Kundang itu sejak awal memang membuat Ananda Sukarlan jatuh cinta.

"Saya baru pertama melihat cuplikan tariannya tadi. Sangat menjanjikan sekali lihat koreografinya, saya sebagai komposer yang biasa berkarier di luar negeri, elemen budaya Indonesia wajib ada di karya-karya saya," tutur Ananda Sukarlan.

"Kita punya banyak sekali kekayaan budaya, untuk tarian Malin Kundang ini ada beberapa bagian musik yang saya ambil dari lagu Gelang Sipaku Gelang. Elemennya dipakai tapi saya kemas lagi," lanjutnya.
(nug)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak