Kaum Urban Wajib Lindungi Diri dari Penyakit Kritis

Rabu, 10 Juli 2019 - 16:40 WIB
Kaum Urban Wajib Lindungi Diri dari Penyakit Kritis
Kaum Urban Wajib Lindungi Diri dari Penyakit Kritis
A A A
Penyakit kritis menjadi penyebab utama kematian di dunia. Berdasarkan data yang dirilis oleh The Institute for Health Metrics and Evaluation (IMHE) pada 2016, penyakit kritis yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah menjadi penyebab terbesar dengan persentase 32,26 persen dari total kematian di dunia. Jumlah ini diikuti penyakit kanker dengan 16,32 persen, penyakit respiratori dengan 6,48 persen, diabetes dengan 5,83 persen dan dimensia dengan 4,36 persen.

Fenomena tersebut paling sering terjadi pada masyarakat urban yang tinggal di perkotaan yang padat penduduk. Gaya hidup yang kurang sehat disinyalir menjadi penyebab penyakit kritis tersebut. Oleh karena itu, pola hidup sehat menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan.

Kini, penyakit tidak mengenal usia, bahkan tak jarang aering juga menyerang usia produktif. Usia produktif saat ini menjadi usia yang paling rentan terhadap berbagai macam risiko penyakit. Pasalnya, di rentang usia ini gaya hidup umumnya selalu dikedepankan, tak terkecuali pola mengonsumsi makanan tidak sehat dan kurangnya berolahraga.

Pola makan yang akrab dengan makanan berlemak, junk food, dan minum-minuman bersoda maupun beralkohol menyebabkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit berbahaya. Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) pada tahun 2014 mencatat tiga penyakit kritis penyebab kematian di Indonesia, yaitu stroke, jantung, dan kanker.

Beberapa adalah karena faktor keturunan, namun sebagian besar diakibatkan gaya hidup yang tidak sehat. Alangkah baiknya sedari dini mulai membiasakan pola hidup sehat untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Pola hidup sehat yang dapat dilakukan antara lain melakukan aktivitas kebugaran secara teratur, pengukuran badan, pengecekan kesehatan, relaksasi dan spa, gaya hidup aktif serta mengonsumsi makanan sehat dan minum air putih yang cukup.

Selain mengubah kebiasaan ke pola hidup yang sehat,untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan Anda juga dapat mempercayakan proteksi diri dengan asuransi perlindungan tepercaya.

Seiring dengan perubahan tuntutan hidup di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan proteksi pun semaking tinggi, dan kaum urban Indonesia butuh merencanakan perlindungan untuk keluarga sehingga tidak perlu merasa cemas untuk menghadapi segala kemungkinan berkaitan dengan kesehatan. Kini ada berbagai macam produk perlindungan kesehatan bagi kaum urban Indonesia, salah satunya dari asuransi Zurich Topas Life .

Sangat penting bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan, karena masa depan yang baik dapat tercapai jika kita sehat. Kesehatan adalah modal awal dan investasi menuju hari esok lebih baik.[syarif]
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5046 seconds (0.1#10.140)