FIK UI Respons Rendahnya Kesadaran Perilaku PHBS, Edukasi Anak Sekolah dan Remaja Purwakarta

Senin, 22 Juli 2024 - 14:15 WIB
loading...
FIK UI Respons Rendahnya...
Kesadaran perilaku PHBS oleh Kementerian Kesehatan masih rendah. FIK UI pun merespons masalah ini. Foto/ ist
A A A
JAKARTA - Program Pembinaan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) sudah lama dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Namun, keberhasilannya masih rendah.

Sementara, perilaku mejaga kesehatan yang dilakukan secara pribadi terbukti berhubungan dengan tubuh yang lebih sehat dan penurunan risiko penyakit.

PHBS dapat diterapkan mulai dari sendiri dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, diet sehat, aktivitas fisik, cukup istirahat, tidak merokok, manajemen stress dan lainnya.

“PHBS sangat penting dikenalkan sedini mungkin. Pembinaan PHBS perlu menyentuh semua tatanan, tidak hanya di level keluarga tapi juga di sekolah, dengan menggunakan pendekatan yang sesuai,” kata Ns. Shanti Farida Rachmi, S.Kep, Sp.Kep.M.B., dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI).

Sementara, Dr. Tuti Nuraini, S.Kp, M.Biomed selaku dosen FIK UI memberikan edukasi kepada siswa SMKN Tegalwaru, Purwakarta.

“Saya sendiri sudah membuktikan bahwa dengan melakukan pola hidup sehat dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan pikiran bahagia. Dan banyak penelitian yang mengaitkan hubungan antara gaya hidup dengan turunnya risiko penyakit baik akut maupun kronis, infeksi maupun non infeksi seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan penyakit-penyakit kronis lainnya,” ujar dia.

Salah satu upaya sederhana PHBS yang dapat mudah tetapi diabaikan adalah dengan membersihkan tangan dengan benar.

“Membersihkan tangan dengan tahapan yang benar dan paripurna menggunakan air bersih yang mengalir dan sabun terbukti mencegah kuman berkembang biak di tangan,” ucap Ns. Rona Cahyantari Merduaty, S.Kep, M.AdvN, dosen FIK UI saat memberikan edukasi kepada murid SDN 01 Cisarua, Tegalwaru, Purwakarta.

Kegiatan praktik cuci tangan bersama dengan murid SDN 01 Cisarua diwarnai dengan antusiasme tinggi peserta yang menggunakan cat berwarna dan sarung tangan untuk melihat perbedaan antara mencuci tangan yang sudah benar dan yang belum benar.

“Mempraktikkan gaya hidup sehat seperti membiasakan aktif fisik minimal 30 menit sehari juga terbukti efektif menjaga organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Terutama pada anak dan remaja yang masih masa pertubuhan, aktifitas fisik sangat penting untuk menstimulasi pertumbuhan dan membantu menjaga kesehatan mental,” ujar Ns. Andi Amalia Wildani, SKep, M Kep. dalam edukasi kesehatan yang diadakan di SMPN 03 Kampung Ilmu, Tegal Waru, Purwakarta. Andi juga mengajak peserta mempraktikkan gerakan sederhana terkait aktifitas fisik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)