Bahaya Minum Obat dengan Teh, Ini Efek Samping yang Mengintai

Senin, 22 Juli 2024 - 23:50 WIB
loading...
A A A
"Selain itu, kafein dalam teh juga bisa bikin efek samping obat itu lebih parah. Tema-teman lagi flu nih, terus minum obat flu," ujarnya.

"Obat flu kan efek sampingnya jantung berdebar-debar, kafein bisa memperparah efek samping jantung berdebar-debar dari obat flu itu. Jadi nggak dianjurkan minum obat flu pakai teh," lanjutnya.

Teh, terutama teh hitam, dapat mengganggu penyerapan zat besi dari makanan dan suplemen. Hal ini disebabkan oleh kandungan tanin dalam teh yang dapat mengikat zat besi non-heme atau zat besi dari sumber nabati dan membentuk kompleks yang sulit diserap oleh tubuh.

Bagi mereka yang mengalami anemia atau kekurangan zat besi, minum teh saat mengonsumsi suplemen zat besi dapat mengurangi efektivitas suplemen tersebut. Di sisi lain, beberapa jenis teh herbal, seperti teh licorice, dapat berinteraksi dengan obat untuk tekanan darah dan jantung.



Licorice mengandung glycyrrhizin, yang dapat menyebabkan retensi natrium dan peningkatan tekanan darah, serta dapat berinteraksi dengan obat diuretik dan obat jantung, mengurangi efektivitasnya dan meningkatkan risiko efek samping.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)