7 Kebiasaan Sehat yang Buat Awet Muda, Cegah Penuaan Dini

Rabu, 24 Juli 2024 - 07:00 WIB
loading...
7 Kebiasaan Sehat yang...
Sejumlah kebiasaan sehat bisa membuat awet muda dan mencegah penuaan dini. Praktik gaya hidup tertentu dapat membantu mempertahankan penampilan awet muda. Foto/The Rocks
A A A
JAKARTA - Sejumlah kebiasaan sehat bisa membuat awet muda dan mencegah penuaan dini. Sains telah menunjukkan bahwa menerapkan praktik gaya hidup tertentu dapat membantu mempertahankan penampilan awet muda dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Di sisi lain, mempertahankan penampilan dan kesehatan yang prima seiring bertambahnya usia adalah impian banyak orang. Dari menjaga pola makan hingga rutin berolahraga, terbukti bisa menyehatkan tubuh dan membuat awet muda .

Berikut adalah kebiasaan sehat yang efektif membantu Anda terlihat dan merasa lebih muda dilansir dari Times of India, Rabu (24/7/2024).

7 Kebiasaan Sehat yang Buat Awet Muda





1. Mulai Hari dengan Kebahagiaan


Memupuk rasa bahagia tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tetapi juga dapat membuat tampak lebih muda. Sebuah penelitian dari University of California menemukan bahwa orang yang lebih bahagia memiliki kadar hormon stres yang lebih rendah, yang dapat memperlambat proses penuaan.

Mulailah hari dengan kegiatan yang meningkatkan suasana hati, seperti mendengarkan musik, melatih rasa syukur, atau menekuni hobi. Pikiran yang bahagia mencerminkan wajah yang berseri-seri dan awet muda.

2. Pertahankan Postur Tubuh yang Baik


Postur tubuh yang baik sering kali diabaikan, padahal postur tubuh yang baik memegang peranan penting dalam membuat seseorang tampak awet muda. Berdiri tegak dan menjaga tulang belakang tetap sejajar tidak hanya membuat tampak lebih muda, tetapi juga mengurangi munculnya masalah terkait penuaan seperti nyeri punggung dan kulit kendur.

Menurut sebuah penelitian oleh Harvard School of Public Health, postur tubuh yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membuat tampak lebih energik. Cobalah untuk olahraga seperti pilates atau plank untuk memperkuat inti tubuh dan memperbaiki postur tubuh.

3. Yoga


Yoga sangat ampuh untuk menjaga keremajaan. Yoga secara teratur dapat meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan, yang semuanya berkontribusi pada penampilan awet muda. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine menunjukkan bahwa yoga dapat membantu mengurangi tanda penuaan dengan menurunkan peradangan dan stres oksidatif.

Pose seperti downward dog, cobra, dan child's pose dapat sangat bermanfaat untuk mengencangkan otot dan memancarkan cahaya tubuh.



4. Konsumsi Biji Rami


Biji rami merupakan makanan super yang dapat membantu menjaga kulit agar tampak awet muda. Biji rami kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat mengurangi penuaan kulit dan meningkatkan hidrasi kulit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi biji rami dapat membantu mengurangi sensitivitas kulit dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Taburkan biji rami pada sereal atau tambahkan ke dalam smoothie untuk meningkatkan kecantikan secara sederhana dan efektif.

5. Berada di Dekat Orang Positif


Lingkungan sosial sangat memengaruhi perasaan dan penampilan. Berada di sekitar orang-orang yang positif dan suportif dapat meningkatkan kesehatan mental dan membuat kita tampak lebih muda.

Menurut sebuah penelitian dari Proceedings of the National Academy of Sciences, memiliki hubungan sosial yang kuat dapat membuat berumur panjang dan tampak lebih muda. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga yang dapat membangkitkan semangat dan membawa kebahagiaan dalam hidup.

6. Meditasi


Meditasi adalah praktik yang dapat membantu awet muda. Meditasi mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan emosional, dan bahkan dapat memperlambat penuaan sel. Sebuah studi dari UCLA menemukan bahwa meditasi teratur dapat mengurangi laju penuaan sel.

Luangkan beberapa menit setiap hari untuk bermeditasi, dengan fokus pada pernapasan dan menenangkan pikiran. Seiring berjalannya waktu, Anda tidak hanya akan merasakan pikiran yang lebih tenang, tetapi juga kulit yang lebih berseri.



7. Konsumsi Makanan Sehat


Mengonsumsi makanan seimbang yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dan menjaga kulit agar tampak segar dan awet muda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology, pola makan yang kaya buah-buahan, sayur-sayuran, dan protein rendah lemak dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan.

Tambahkan buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh ke dalam makanan untuk menyehatkan tubuh dan menjaga kulit tetap berseri.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)