alexametrics

Daun Pepaya, Bahan Alami Paling Efektif untuk Demam Berdarah

loading...
Daun Pepaya, Bahan Alami Paling Efektif untuk Demam Berdarah
Daun pepaya dikenal menjadi salah satu pengobatan rumahan untuk meredakan gejala demam berdarah yang paling efektif karena kandungan yang ada di dalamnya. (YouTube)
A+ A-
JAKARTA - Demam berdarah merupakan infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk yang telah menyebar dengan cepat. Penyakit ini dapat menyebabkan gejala seperti flu dan dalam kasus yang parah, dapat merusak paru-paru, hati atau jantung, yang menyebabkan kematian. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), tidak ada pengobatan khusus untuk demam berdarah, tapi diagnosis dini dan akses ke perawatan medis yang tepat dapat mengurangi tingkat kematian di bawah 1%.

Sementara itu, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat digunakan untuk meredakan gejala demam berdarah. Salah satu obat alami populer yang banyak digunakan adalah daun pepaya. Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa daun pepaya efektif dalam mengobati demam berdarah. Sejumlah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Medical and Health Science Research melaporkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu mengobati demam berdarah.

Dilansir dari Times Now News, misalnya, dalam salah satu studi yang berbasis di Sri Lanka, para peneliti menemukan bahwa pasien demam berdarah yang diberikan 2 dosis ekstrak daun pepaya pada interval 8 jam mengalami peningkatan jumlah trombosit dan jumlah sel darah putih yang signifikan.



Sebuah tinjauan di BMJ menyatakan bahwa sejumlah besar penelitian biomedis telah dilakukan pada efek ekstrak daun carica papaya pada demam berdarah, termasuk uji klinis kontrol acak. Dikatakan bahwa tidak ada efek samping yang signifikan yang dilaporkan setelah perawatan ini dan studi toksikologi mengesampingkan efek racun bahkan pada dosis yang lebih tinggi. Laporan dalam jurnal menambahkan bahwa penelitian telah menemukan banyak efek menguntungkan dari ekstrak daun carica papaya, termasuk pengurangan durasi demam, tinggal di rumah sakit, dan yang paling penting kebocoran cairan dan konversi demam berdarah menjadi demam berdarah dengue.

Para ahli juga menemukan bahwa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan makanan penambah kekebalan tubuh lainnya dapat bermanfaat dalam meredakan gejala demam berdarah. Sementara, cara penggunaan daun pepaya untuk pengobatan demam berdarah dapat dilakukan dengan cara mencuci daun pepaya secara menyeluruh dengan air bersih dan potong-potong kecil. Ambil 50 g daun pepaya, 50 ml air dingin rebus, dan 25 g gula. Masukkan semua bahan ini kemudian tumbuk dengan baik sampai halus.

Simpan daun pepaya sekitar 30 menit. Peras ampas daun pepaya dengan tangan untuk mengambil ekstrak jusnya. Ekstrak daun pepaya dapat disimpan di kompartemen bawah kulkas (sekitar 4 derajat Celsius) selama 24 jam. Pastikan Anda mengocok botol dengan baik sebelum meminumnya. Ekstrak jus daun pepaya dapat dikonsumsi sejak hari pertama demam untuk hasil yang optimal.

Menurut pedoman yang diberikan dalam BMJ, ekstrak jus daun pepaya dapat digunakan sebagai sirup dan dikonsumsi sebanyak 30 ml tiga kali sehari sebelum makan untuk orang dewasa dan 5—10 ml tiga kali sehari untuk anak sampai pasien benar-benar pulih.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak