Mengunyah Makanan 40 Kali Bisa Menurunkan Berat Badan

Selasa, 23 Juli 2024 - 23:55 WIB
loading...
Mengunyah Makanan 40...
Mengunyah makanan secara menyeluruh dapat membantu membakar kalori pada berbagai tingkat sehingga menurunkan berat badan. Hal ini sudah terbukti secara ilmiah. Foto/Futurity
A A A
JAKARTA - Mengunyah makanan secara menyeluruh dapat membantu membakar kalori pada berbagai tingkat sehingga menurunkan berat badan . Hal ini pun sudah terbukti secara ilmiah melalui sejumlah penelitian.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Obesity, mengunyah hingga tidak ada gumpalan yang tersisa dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori selama proses pencernaan. Yakni sekitar 10 kalori ekstra untuk makanan 300 kalori.

Mengunyah memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik karena memecah makanan menjadi potongan-potongan kecil yang membantu cairan lambung di perut untuk menguranginya menjadi ukuran mikroskopis. Ini membantu penyerapan nutrisi dan cairan yang lebih baik.

Dilansir dari Times of India, Selasa (23/7/2024), selain itu, mengunyah juga dapat meningkatkan aliran darah ke lambung dan usus. Sebaliknya, makan lebih cepat tidak membakar kalori.



Sesuai Ayurveda, makan dengan penuh kesadaran dengan menikmati setiap gigitan dan melibatkan semua indra dapat meningkatkan pencernaan. Hal ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih dalam dengan makanan Anda.

Ahli diet di Rumah Sakit Marengo Asia, Gurugram, Vanshika Bhardwaj mengatakan bahwa mengunyah makanan setidaknya 40 kali sebelum menelan dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Mengunyah makanan sebanyak 40-50 kali juga mengendalikan rasa lapar dan seseorang cenderung mengonsumsi lebih sedikit makanan.

Kepala Ahli Gizi Rumah Sakit Zydus, Ahmedabad, Shruti K Bhardwaj menjelaskan bahwa menurut beberapa penelitian, seseorang harus mengunyah setidaknya 30 kali untuk makanan keras, sedangkan enam hingga 10 kali sudah cukup untuk makanan lunak.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)