alexametrics

Sah, Avengers: Endgame Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa

loading...
Sah, Avengers: Endgame Jadi Film Terlaris Sepanjang Masa
Avengers: Endgame secara sah melengserkan film Avatar sebagai film terlaris sepanjang masa. Avatar telah menguasai puncak daftar itu selama 10 tahun terakhir. (Movie Web)
A+ A-
Avengers: Endgame akhirnya memenuhi ambisinya untuk menjadi film terlaris sepanjang masa di dunia. Puncak daftar itu telah dikuasai film besutan James Cameron, Avatar, selama 10 tahun terakhir. Ini sekaligus mengakhiri perdebatan bahwa Endgame kemungkinan akan gagal melengserkan Avatar dari puncak daftar itu karena berbagai hal.

Dalam catatan Box Office Mojo, ketika artikel ini ditulis, Avengers: Endgame telah meraih USD2,790,2 miliar. Sementara, Avatar berada di tempat kedua dengan pendapatan USD2,789,7 miliar. Meskipun hanya selisih USD500.000, tapi angka itu sangatlah berarti bagi Avengers: Endgame yang melakukan banyak cara untuk menumbangkan Avatar.

“Kepada para fans terbaik di semesta, dari lubuk hati kami yang paling dalam, terima kasih …,” tulis duo sutradara Avengers: Endgame, Anthony dan Joe Russo, di Twitter.



Usaha Avengers: Endgame untuk menumbangkan Avatar dari puncak daftar itu awalnya dilihat sebagai hal yang sangat sulit. Namun, bukan Marvel jika tak punya cara untuk melakukan hal tersebut. Mereka kemudian merilis ulang Endgame di saat yang tepat. Film itu mampu membonceng perilisan Spider-Man: Far From Home dengan sejumlah adegan baru dan tribute untuk Stan Lee.

“Terima kasih kepada kalian, Avengers: Endgame sekarang adalah film terbesar sepanjang masa,” ujar bos Marvel Studios Kevin Feige di San Diego Comic-Con yang dikutip Deadline.

Marvel merilis ulang Endgame pada 28 Juni lalu. Di film ini, mereka memasukkan adegan Hulk yang awalnya dihapus, sebuah tribute untuk Stan Lee dan sebuah adegan pascakredit yang menampilkan cuplikan film Spider-Man: Far From Home. Saat itu, Endgame masih selisih sekitar USD37 juta dari Avatar. Dan, banyak—baik dari Disney dan rumah produksi rivalnya—tidak yakin kalau perilisan ulang itu bakal membawa Endgame ke puncak daftar film terlaris sepanjang masa. Apalagi, perilisan ulang Endgame di wilayah luar negeri di luar China dan Amerika cukup pendek periodenya dibandingkan masa perilisan ulang Avatar. Namun, Endgame membuktikan kalau mereka mampu.

Endgame hanya butuh 10 hari untuk mengalahkan catatan global sepanjang masa Titanic. Titanic yang awalnya bercokol di posisi 2 di daftar film terlaris sepanjang masa harus lengser ke posisi 3 setelah tempatnya direbut Avengers: Endgame.

“Fakta bahwa orang telah merespons Endgame dengan cara ini dan mereka telah mengikuti karakter-karakter ini begitu lama, itu menguntungkan kami untuk melihat bahwa ceritanya memang diterima secara global. James Cameron (sutradara Avatar) adalah idola kami, dan dia memberikan hasrat bagi kami untuk membuat film sejak awal,” ujar Anthony Russo.

Hingga saat ini, hanya 5 film yang telah melampaui angka USD2 miliar di box office global. Dari 5 film itu, dua adalah karya James Cameron dan 2 lainnya adalah karya duo Russo. Film karya James, Avatar dan Titanic, masing-masing duduk di peringkat 2 dan 3. Sedangkan karya duo Russo, Endgame dan Avengers: Infinity War, masing-masing berada di peringkat 1 dan 5. Peringkat 4 ditempati Star Wars: The Force Awakens yang meraih USD2,068 miliar. Secara total, duo Russo telah meraup USD6,8 miliar dalam kredit penyutradaraan mereka di box office dunia.

“Selamat bagi tim Marvel Studios dan Walt Disney Studios, dan terima kasih kepada para penggemar di seluruh dunia yang mengangkat Avengers: Endgame ke ketinggian historis ini. Tentu saja, bahkan selama 10 tahun, pengaruh Avatar-nya James Cameron tetap kuat dan pencapaian luar biasa kedua film ini merupakan bukti kekuatan film dalam menggerakkan orang dan membawa mereka bersama untuk berbagi pengalaman. Para pembuat film berbakat di balik karya-karya ini punya banyak simpanan dan kami menunggu masa depan Marvel Cinematic Universe dan Pandora,” papar Co-Chairman dan Chief Creative Officer The Walt Disney Studio Alan Horn.

Avengers: Endgame sepertinya tidak bisa bersantai untuk menikmati rezimnya sebagai film terlaris sepanjang masa. Pada 17 Desember 2021, Disney akan merilis Avatar 2 karya James Cameron. Bisa jadi, Avatar 2 ini menjadi saingan berat Endgame di box office global.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak