Apakah Anak Penderita Diabetes Tipe 1 Harus Suntik Insulin Seumur Hidup?

Kamis, 01 Agustus 2024 - 22:22 WIB
loading...
Apakah Anak Penderita...
Anak penderita DM tipe 1 sangat tergantung pada penggunaan insulin sebagai terapi utama. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari pasangan John Legend dan supermodel Chrissy Teigen. Anak kedua mereka, Miles, yang masih berusia 6 tahun didiagnosa mengidap diabetes tipe 1.

Akibat didiagnosa penyakit diabetes tipe 1, Chrissy menyebut, mau tak mau sang anak harus mulai mendapatkan suntikan insulin. Ia dan keluarga pun berusaha tegar.

“Kemarin malam, kami memberikan suntikan insulin pertamanya, dan inilah dia! Sebuah dunia yang berbeda dan sungguh baru bagi kami, dan kami akan terus belajar banyak," ujar Chrissy melalui postingan di akun Instagramnya, @chrissyteigen, Kamis (1/8/2024).



Lantas, apakah anak penderita diabetes tipe 1 harus melakukan suntik insulin? Berikut ulasannya, melansir dari laman Kementerian Kesehatan RI.

Penyebab utama diabetes melitus pada anak adalah akibat tubuh tidak dapat memproduksi insulin, sehingga kadar gula yang didapatkan dari makanan tidak bisa disalurkan ke dalam sel tubuh. Kondisi tersebut mengakibatkan gula menumpuk di dalam darah sehingga kadar gula dalam darah cenderung tinggi.

Ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi insulin perlu dibantu dengan pemberian insulin dari luar. Oleh karena itu, anak penderita DM tipe 1 sangat tergantung pada penggunaan insulin sebagai terapi utama.

Penderita DM tipe 1 perlu menyuntikkan insulin ke tubuhnya beberapa kali sehari dan memantau kadar gula darahnya secara ketat. Suntik insulin bisa diberikan minimal 2 kali sehari, yaitu sebelum makan atau pada malam hari sebelum tidur agar kadar gula darah tetap stabil.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan pemantauan gula darah mandiri (PGDM) paling tidak 4-6 kali per hari, yaitu pagi hari saat bangun tidur, sebelum makan, 1,5-2 jam setelah makan, dan malam hari.

Selain itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kontrol gula pada anak dengan DM tipe 1, antara lain pengaturan pola makan, menjaga perubahan berat badan, aktivitas fisik atau olahraga teratur, dan sebagainya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)