8 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Penyebabnya

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 10:20 WIB
loading...
8 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan...
Kekurangan vitamin B12 (kobalamin) adalah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan karena peran penting vitamin ini dalam tubuh. Foto/Omega Quant
A A A
JAKARTA - Kekurangan vitamin B12 (kobalamin) adalah kondisi yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan karena peran penting vitamin ini dalam tubuh. Vitamin B12 diperlukan untuk produksi sel darah merah, fungsi saraf, dan sintesis DNA.

Kekurangan vitamin B12 dapat terjadi akibat asupan makanan yang tidak memadai, masalah penyerapan, atau kondisi medis tertentu. Dengan mengenali ciri-ciri kekurangan vitamin B12 dan mengambil langkah yang tepat, Anda dapat mencegah komplikasi serius.

Berikut ciri-ciri tubuh yang kekurangan vitamin B12 dilansir dari Medical News Today, Health Line (3/8/2024).

8 Ciri-ciri Tubuh Kekurangan Vitamin B12 dan Penyebabnya





1. Lelah dan Lemah


Kelelahan yang tidak biasa dan kelemahan umum adalah salah satu gejala pertama kekurangan vitamin B12. Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi sel darah merah, yang mengakibatkan berkurangnya oksigen yang dibawa ke seluruh tubuh.

2. Anemia Pernisiosa


Anemia pernisiosa adalah jenis anemia yang terjadi akibat kekurangan vitamin B12. Gejala-gejalanya meliputi kulit tampak pucat atau kekuningan, sesak napas terutama saat beraktivitas, dan palpitasi yakni detak jantung cepat atau tidak teratur.

3. Masalah Saraf


Vitamin B12 sangat penting untuk fungsi saraf yang sehat. Kekurangannya dapat menyebabkan gejala neurologis seperti kesemutan dan kebas, terutama di tangan dan kaki. Kesulitan berjalan Karena kerusakan saraf yang menyebabkan kurangnya koordinasi dan keseimbangan. Selain itu, kelemahan otot dan kram.

4. Gangguan Mental


Kekurangan vitamin B12 dapat memengaruhi fungsi otak, yang dapat menyebabkan kebingungan dan kehilangan memori, pada kasus yang parah terjadi demensia, dan depresi atau perubahan mood.

5. Lidah Meradang dan Mulut Sakit


Gejala pada mulut dan lidah termasuk glossitis yang ditandai dengan lidah bengkak, merah, dan meradang. Mulut dan lidah terasa sakit biasanya disertai dengan sensasi seperti terbakar serta luka di mulut seperti bibir pecah-pecah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)