Buah dengan Kandungan Kalium Lebih Tinggi dari Pisang, Bisa Kurangi Risiko Hipertensi

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 15:10 WIB
loading...
Buah dengan Kandungan...
Beberapa buah mengandung kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi guna mengurangi risiko penyakit hipertensi. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Beberapa buah mengandung kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi guna mengurangi risiko penyakit mematikan seperti hipertensi. Pisang sering dianggap sebagai sumber kalium yang baik.

Dilansir dari Mirror, Sabtu (3/8/2024), untuk setiap 100 gram pisang , Anda memperoleh 330 mg kalium. Namun, ada jenis makanan atau buah lain yang mengandung lebih tinggi kalium dari pisang.

Aprikot kering mengandung sekitar 1.162 mg (atau 1,1 gram) per 100 gram, yang membuatnya jauh lebih kaya kalium daripada pisang. Karena aprikot kering mengandung kalium, aprikot kering dapat mengurangi kadar tekanan darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kalium dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada pasien hipertensi. Aprikot kering juga telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh dan penurunan risiko diabetes.



Sementara itu, tekanan darah tinggi dikenal sebagai pembunuh diam-diam. Kondisi ini memaksa jantung untuk memompa lebih keras, meningkatkan risiko kerusakan substansial dari waktu ke waktu. Panyakit ini merupakan faktor utama dalam masalah kesehatan lainnya.

Seperti penyakit jantung dan ginjal, stroke, serta gagal jantung dan serangan jantung. Salah satu penyebab utama tekanan darah tinggi adalah pola makan, dengan makanan tinggi garam.

Itu semua karena natrium membuat tubuh menahan air. “Jika kita makan terlalu banyak natrium, air akan ditarik kembali ke dalam aliran darah kita. Semakin banyak air di pembuluh darah kita, semakin tinggi tekanan darah kita,” jelas British Heart Foundation.

Mengurangi camilan asin merupakan salah satu strategi untuk menurunkan tekanan darah, tetapi Anda juga dapat melawan efek natrium dengan diet sehat. Kalium adalah mineral yang ditemukan dalam makanan tertentu yang dapat meringankan beberapa masalah yang disebabkan oleh asupan natrium yang berlebihan.



Olleh karena itu mengonsumsi makanan yang tinggi kalium dapat membantu. “Makanan yang kaya kalium penting dalam mengelola tekanan darah tinggi, yang juga dikenal sebagai hipertensi, karena kalium mengurangi efek natrium. Semakin banyak kalium yang Anda makan, semakin banyak natrium yang Anda keluarkan melalui urine,” papar American Heart Association (AHA).

“Kalium juga membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah, yang selanjutnya membantu menurunkan tekanan darah,” tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)