5 Cara Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah, Salah Satunya Kurangi Stres

Minggu, 04 Agustus 2024 - 10:18 WIB
loading...
5 Cara Mencegah Penyempitan...
Penyempitan pembuluh darah merupakan sebuah kondisi berbahaya yang dapat memicu munculnya gangguan kesehatan serius. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Penyempitan pembuluh darah merupakan sebuah kondisi berbahaya yang dapat memicu munculnya gangguan kesehatan serius. Salah satu yang cukup umum adalah penyakit jantung koroner.

Biasa disebut dengan aterosklerosis, penyempitan pembuluh darah merupakan suatu kondisi terjadinya penyempitan atau pengerasan pembuluh darah arteri. Adapun penyebabnya karena penumpukan plak di dinding pembuluh darah.

Saat aterosklerosis terjadi, pembuluh darah arteri mengalami penyumbatan. Alhasil, pasokan atau aliran darah dalam tubuh menjadi terganggu.



Melihat kondisi dan dampaknya yang berbahaya, penting diketahui cara mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Diolah dari berbagai sumber, Minggu (4/8/2024), berikut ini beberapa hal yang bisa membantu pencegahannya.

Cara Mencegah Penyempitan Pembuluh Darah

1. Konsumsi Makanan Sehat

“Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Kalimat tersebut rasanya cocok dalam langkah pencegahan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Satu cara mudah untuk mencegah atau menunda terjadi aterosklerosis adalah dengan mengurangi faktor risikonya. Nah, hal ini termasuk dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Mengutip MayoClinic, pola makan sehat dapat membantu mengendalikan berat badan, tekanan darah hingga kolesterol dalam tubuh.

Selain memperbanyak makan buah, Anda bisa memakai lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun. Lalu, jangan lupa untuk mengurangi atau bahkan menghindari gula.

2. Mengurangi Stres

Stres berlebih ternyata juga berpotensi meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah. Maka itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengelola rasa stres dalam diri agar tidak berlebihan.

Mengutip WebMD, Anda bisa mengurangi rasa stres melalui kegiatan seperti yoga atau relaksasi. Latihan-latihan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah sementara waktu, sehingga mengurangi risiko terkena aterosklerosis.

3. Berhenti Merokok

Rokok memang telah dikenal bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kandungan nikotin di dalamnya dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras.

Berhenti merokok adalah cara bijak untuk mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Jika belum bisa sepenuhnya, Anda dapat mulai meninggalkannya secara perlahan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)