alexametrics

Hong Kong Masih Dilanda Rusuh, Ini Harapan Jackie Chan

loading...
Hong Kong Masih Dilanda Rusuh, Ini Harapan Jackie Chan
Aktor kondang Jackie Chan berharap demonstrasi yang berujung bentrokan segera berakhir dan Hong Kong pun bisa memulihkan perdamaian di kampung halamannya itu. (Variety)
A+ A-
HONG KONG - Demonstrasi yang kini berakhir dengan bentrokan antara aparat keamanan dengan demonstran yang terjadi di Hong Kong membuat prihatin banyak pihak. Kerusuhan itu tidak hanya membuat kehidupan sehari-hari warga di sana terganggu, tapi juga mengganggu roda perekonomian kawasan otonomi khusus itu. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, demonstrasi itu sempat melumpuhkan bandara.

Hingga saat ini, para pendemo masih bertahan di bandara. Akibatnya, sejumlah operasional bandara pun terganggu. Para penumpang yang hendak check in atau naik pesawat pun terpaksa mendapatkan gangguan tersebut.

Kondisi ini ternyata mendapatkan perhatian dari aktor kondang asal Hong Kong, Jackie Chan. Jackie mengaku, dia merasa ‘sakit’ dan ‘khawatir’ dengan masa depan Hong Kong akibat kerusuhan tersebut.



Jackie menyuarakan harapannya itu kepada para pengikutnya di Weibo. Dia mengatakan, dirinya bukan hanya warga Hong Kong, tapi juga seorang pembawa bendera dan dia akan melindungi dan mencintai negaranya. Hong Kong dulunya adalah kawasan jajahan Inggris. Namun, pada akhir 1990an, Inggris mengembalikan kawasan itu kepada China. Saat ini, Hong Kong berstatus sebagai kawasan berotonomi khusus di bawah pemerintahan Beijing.

“Saya sudah bepergian ke banyak negara dalam beberapa tahun terakhir ini. Negara kita berkembang dengan cepat. Saya merasa bangga sebagai orang China ketika saya berada di negara-negara tersebut. Bendera merah berbintang lima dihormati di seluruh dunia,” papar Jackie seperti dikutip Jaynestars.

Aktor berusia 65 tahun itu bergabung dengan gerakan bendera merah berbintang lima China. Gerakan itu telah memiliki sekitar 1,4 miliar pembawa bendera. Dia juga berharap agar keselamatan dan stabilitas bisa terjaga di Hong Kong.

“Keamanan, stabilitas, dan perdamaian itu seperti udara. Hanya ketika kalian kehilangan, kalian akan menyadari pentingnya udara itu. Saya lahir di Hong Kong. Itu juga rumah saya. China adalah negara saya. Saya cinta negara saya dan saya cinta rumah saya. Saya harap Hong Kong segera memulihkan perdamaiannya,” ujar Jackie.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak