7 Ciri Ginjal Bermasalah, Salah Satunya Mudah Lelah

Rabu, 07 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
A A A

3. Bengkak pada Kaki, Pergelangan Kaki, atau Tangan


Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, atau tangan adalah tanda retensi cairan yang disebabkan oleh ginjal yang tidak dapat menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh gagal ginjal, sindrom nefrotik, atau penyakit ginjal kronis. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, cairan dapat menumpuk di tubuh, menyebabkan pembengkakan.

4. Kelelahan dan Lemah


Kelelahan yang berlebihan atau merasa lemah sepanjang waktu bisa menjadi tanda ginjal bermasalah. Ini disebabkan oleh penurunan produksi hormon eritropoietin oleh ginjal yang merangsang produksi sel darah merah.

Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan anemia, karena tubuh tidak dapat menghasilkan cukup sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan kelelahan dan kelemahan.

5. Nyeri di Punggung atau Samping


Nyeri di punggung bawah atau di sisi tubuh bisa menjadi tanda adanya masalah pada ginjal. Rasa sakit ini bisa tajam atau tumpul dan biasanya dirasakan di sekitar area ginjal.

Nyeri ini bisa disebabkan oleh infeksi ginjal, batu ginjal, atau kista ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan yang memicu rasa sakit.



6. Ruam Kulit dan Gatal


Ruam kulit atau gatal yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda dari penumpukan limbah dalam darah karena ginjal yang tidak berfungsi dengan baik.

Ketika ginjal gagal menghilangkan racun dari darah, limbah dapat menumpuk dan menyebabkan kulit gatal atau ruam. Kondisi ini dikenal sebagai uremia.

7. Nafas Pendek atau Sesak Nafas


Sesak napas atau kesulitan bernapas bisa menjadi tanda ginjal bermasalah. Ini biasanya terjadi ketika cairan berlebih menumpuk di paru-paru.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)