7 Ciri Ginjal Bermasalah, Salah Satunya Mudah Lelah

Rabu, 07 Agustus 2024 - 07:00 WIB
loading...
7 Ciri Ginjal Bermasalah,...
Ada beberapa ciri ginjal bermasalah yang jarang diketahui. Padahal, ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring limbah dan racun. Foto/Medanta Hospital
A A A
JAKARTA - Ada beberapa ciri ginjal bermasalah yang jarang diketahui. Padahal, ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring limbah dan racun dari darah.

Ginjal juga bertugas mengatur keseimbangan cairan, elektrolit, serta memproduksi hormon. Hal tersebut penting untuk kesehatan tulang dan pembentukan sel darah merah.

Ketika ginjal mengalami masalah, fungsi vital ini bisa terganggu sehingga dapat berdampak serius pada kesehatan. Mengenali ciri-ciri ginjal bermasalah dan mengetahui penyebabnya dapat membantu mengambil langkah yang diperlukan.

Berikut ini adalah tujuh ciri ginjal bermasalah dilansir dari Health Line, Rabu (7/8/2024).

7 Ciri Ginjal Bermasalah





1. Perubahan pada Frekuensi dan Jumlah Urine


Salah satu tanda paling umum dari masalah ginjal adalah perubahan dalam pola buang air kecil, baik frekuensi maupun jumlahnya. Anda mungkin mengalami lebih sering atau lebih jarang buang air kecil dari biasanya.

Perubahan ini bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, gagal ginjal akut, atau penyakit ginjal kronis. Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, mereka tidak dapat menyaring darah dengan efisien, sehingga mempengaruhi produksi urine.

2. Urine Berwarna Gelap atau Berdarah


Urine yang berwarna gelap, berbusa, atau mengandung darah adalah tanda lain dari masalah ginjal. Urine yang berbusa menunjukkan adanya protein dalam urine, yang dikenal sebagai proteinuria.

Ginjal yang rusak dapat membiarkan darah atau protein bocor ke dalam urine. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti infeksi ginjal, batu ginjal, atau glomerulonefritis.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)