7 Kota Wali di Indonesia, Pusat Penyebaran Islam Nusantara

Selasa, 06 Agustus 2024 - 22:55 WIB
loading...
A A A
Surabaya merupakan kota di mana Sunan Ampel menyebarkan ajaran Islam. Sunan Ampel, yang juga dikenal sebagai Raden Rahmat, mendirikan Masjid Ampel yang menjadi pusat kegiatan dakwah dan pendidikan Islam.

Surabaya juga dikenal dengan keberadaan pesantren-pesantren besar yang melanjutkan tradisi pendidikan Islam yang dimulai oleh Sunan Ampel. Makam Sunan Ampel di kompleks Masjid Ampel menjadi salah satu tempat ziarah yang penting.

6. Tuban

7 Kota Wali di Indonesia, Pusat Penyebaran Islam Nusantara

Foto/iNews Jatim

Tuban adalah kota tempat Sunan Bonang melakukan dakwahnya. Sunan Bonang, yang dikenal dengan ajarannya yang mendalam dan penggunaan seni dalam dakwah, memainkan peran penting dalam penyebaran Islam di wilayah pesisir utara Jawa Timur.

Makam Sunan Bonang di Tuban menjadi tempat ziarah yang ramai dikunjungi oleh umat Islam.



7. Kudus

7 Kota Wali di Indonesia, Pusat Penyebaran Islam Nusantara

Foto/Wikipedia

Kudus adalah kota tempat Sunan Kudus melakukan dakwahnya. Sunan Kudus, atau Ja'far Shadiq, dikenal dengan metode dakwahnya yang toleran dan bijaksana, seringkali menggabungkan elemen budaya lokal dengan ajaran Islam.

Ia mendirikan Masjid Menara Kudus yang memiliki arsitektur unik dengan menara yang mirip dengan candi Hindu-Buddha. Kudus juga dikenal dengan tradisi Dandangan yang dilakukan menjelang bulan Ramadan.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)